Benarkah Penyakit Asma Turunan Bisa Disembuhkan? | Breaktime
Benarkah Penyakit Asma Turunan Bisa Disembuhkan?
12.05.2015

Asma merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Bagaimana tidak, saat napas terasa sesak, tentu melakukan segala sesuatu jadi terhambat kan, B’timers? Penyebab penyakit asma sendiri sangat beraneka ragam, mulai dari alergi, infeksi saluran pernapasan, pengaruh lingkungan, atau bahkan faktor genetika alias keturunan. 

Menurut Dr. David Beuther, ahli di divisi Pulmonary and Critical Care National di Jewish Health Hospital, Denver,  beberapa gejala awal asma ditandai dengan batuk, bersin, dan napas yang lebih pendek dari biasanya.

Sedangkan dalam penyakit asma yang disebabkan oleh faktor genetika, ada 5 kromosom yang diduga memiliki peranan besar sebagai penyebabnya. Kelima kromosom ini memicu inflamasi dalam saluran pernapasan yang sangat berkaitan erat dengan proses terjadinya asma.

Asma yang disebabkan oleh faktor genetika tidak bisa disembuhkan
Asma yang disebabkan oleh faktor genetika tidak bisa disembuhkan

Sayangnya, penyakit asma yang disebabkan oleh faktor genetika tidak bisa disembuhkan secara total, namun bisa dihindari dengan memperhatikan faktor-faktor pemicunya. Misalnya saja, polusi udara, asap rokok, debu, serbuk sari, terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, udara dingin, serta beberapa makanan penyebab alergi. 

Penderita asma juga dianjurkan untuk rutin berolahraga agar tubuh lebih bugar dan sistem imunitas bisa maksimal. Berenang, berjalan kaki, bersepeda, dan yoga merupakan beberapa olahraga yang aman dan baik dilakukan oleh penderita asma. Yang terpenting, kenali kemampuan tubuh Anda dan jangan lakukan aktivitas berlebihan yang bisa memicu sesak napas.

Share This Article