Tidak Boleh Minum Es saat Datang Bulan Benarkah? | Breaktime
Benarkah Minum Es Saat Haid Bisa Picu Kista?
13.08.2015

Bagi wanita, ‘tamu bulanan’ atau yang biasa disebut menstruasi adalah sebuah fase perubahan fisiologis di dalam tubuh secara berkala karena dipengarui hormon estrogen dan progeteron. Sejak bertahun-tahun lalu, banyak mitos-mitos terkait masa datang bulan beredar di masyarakat. Bahkan, tidak sedikit yang langsung mempercayainya tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu, salah satunya adalah larangan minum es saat menstruasi.

Beredar mitos yang mengatakan bahwa minum es saat menstruasi bisa mengakibatkan darah haid tidak lancar dan memicu timbulnya kanker atau kista. Namun benarkah minum es saat haid bisa berakibat sedemikian fatal? Let’s check the truth!

Kanker serviks adalah jenis kanker yang menjadi penyebab tertinggi kematian wanita di Indonesia. Walaupun belum diketahui penyebab pastinya, namun ada beberapa faktor yang dipercaya bisa memicu kanker serviks, seperti serting berganti-ganti pasangan, merokok, infeksi, hingga sampai dengan kehamilan berulang kali.

Nah, para pakar kesehatan, salah satunya adalah dr Anita Amalia Sari, General Practitioner di SamMarie Healthcare Group, menjelaskan bahwa siklus menstruasi wanita dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron, bukan apa yang kita konsumsi.

Mitos minum es saat haid sebabkan kista ternyata tidak benar
Mitos minum es saat haid sebabkan kista ternyata tidak benar

Minum air es saat haid sama sekali tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi dan juga tidak akan memicu timbulnya kanker ataupun kista. Sakit tidaknya, sedikit banyaknya, darah haid yang dikeluarkan saat menstruasi lebih dipengaruhi oleh hormon serta kondisi fisiologis juga psikologis seseorang.

Nah B’timers, kini Anda sudah tahu kan, kebenaran di balik mitos tersebut? Saat menstruasi, tak perlu takut mengonsumi makanan dan minuman tertentu. Tapi jangan lupa, tetap perhatikan porsinya agar tak menimbulkan efek lain yang merugikan kesehatan. 

Share This Article