3 Gelas Kopi Sehari Bikin Payudara Mengecil? | Breaktime
Benarkah Minum 3 Gelas Kopi Sehari Bikin Payudara Mengecil?
13.12.2015

Mulai dari hal yang terbesar sampai dengan yang sepele dapat diteliti dan dicari kebenarannya, seperti halnya satu ini. Menurut sebuah penelitian, minum 3 gelas kopi sehari, maka dapat membuat payudara mengecil. Wow, benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Lund University, Swedia, menjelaskan bahwa meminum kopi berimbas pada ukuran payudara. Penelitian yang dipimpin oleh Helena Jernstrom dengan melibatkan 269 wanita yang memiliki umur 29 tahun secara rata-rata mengungkapkan bahwa memang payudara tidak akan menghilang tak berbekas jika terlalu sering meminum kopi, hanya saja akan menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Tentu saja, penelitian yang dianggap menarik namun memiliki sisi kontroversi tersebut langsung mencuat di tahun 2008. Bahkan, banyak media terkenal di dunia yang mengekspos penelitian yang telah dipublikasikan di British Journal of Cancer itu.

Jadi, benarkah meminum kopi dapat membuat buah dada mengecil?

Sebelum B’timers semakin bingung karena penelitian ini, maka Breaktime akan menjelaskan bahwa ada salah persepsi yang ditangkap oleh banyak media tersebut. Dalam penelitian itu, para peneliti hanya melibatkan para wanita yang memiliki sejarah keluarga sebagai pengidap kanker payudara dan sebagian di antara mereka memiliki gen yang dinamakan CY1A2*1F.

Apa yang dimaksud dengan gen CY1A2*1F tersebut? Gen CY1A2*1F adalah sebuah gen yang memiliki kaitan erat dengan kanker payudara. Para peneliti mencoba mempelajari dan mencari jawaban bahwa apakah ada hubungan yang sangat dekat antara gen CY1A2*1F dengan ukuran payudara serta konsumsi kopi.

Gen CY1A2*1F sendiri berfungsi untuk mengontrol metabolisme dari hormon estrogen seperti halnya senyawa yang didapat dalam sebuah kopi. Berdasarkan kesamaan tersebut, maka para pakar mencoba mencari tahu apakah senyawa dalam kopi dan gen CY1A2*1F juga memiliki hubungan dengan ukuran payudara serta risiko kanker payudara.

3 Gelas Kopi Sehari Bikin Payudara Mengecil? | Breaktime
Bagaimana sebenarnya pengaruh kopi terhadap pertumbuhan payudara?

Hasil dari penelitian

Bagi wanita yang memiliki gen CY1A2*1F dan meminum 3 gelas kopi dalam sehari, maka kemungkinan payudaranya akan mengecil lebih besar daripada yang meminum kurang dari itu. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak memiliki gen tersebut, justru dapat sedikit membuat payudaranya mengembang atau membesar, saat secara rutin meminum kopi 3 gelas sehari.

Para peneliti memang tidak menemukan penjelasan secara ilmiah atau medis untuk menerangkan hubungan antara ukuran payudara dengan kopi, tetapi mereka hanya menyimpulkan bahwa kopi dapat membuat buah dada menjadi lebih kecil bagi mereka yang memiliki gen CY1A2*1F dalam tubuhnya.

Pada akhirnya, penelitian yang menyebutkan bahwa meminum 3 gelas kopi dalam sehari itu dapat membuat payudara mengecil tidak selamanya benar, karena hanya berimbas pada wanita yang memiliki gen CY1A2*1F saja. Dan banyak penelitian lain yang menyebutkan bahwa meminum setidaknya 2 gelas kopi perhari, justru sangat baik untuk menangkal tumbuhnya sel kanker payudara. (das)

Share This Article