Benarkah Merah Tingkatkan Energi Saat Olahraga? | Breaktime
Benarkah Merah Tingkatkan Energi Saat Olahraga?
02.08.2016

Suka memakai warna apa ketika berolahraga, nih, B’timers? Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa warna merah dapat meningkatkan energi, lho. Ya, ternyata ketika seseorang melihat warna merah, akan ada reaksi yang dihasilkan, yaitu mereka lebih cepat dan kuat, B’timers. Dan banyak yang tak menyadari efek dari warna. Tapi benarkah warna merah dapat tingkatkan energi saat olahraga, B’timers?

Benarkah Merah Tingkatkan Energi Saat Olahraga? | Breaktime
Warna apapun, jangan lupa pemanasan, ya?

Penelitian hubungan warna dengan energi

Melihat warna merah membuat otot bergerak lebih cepat ditambah dengan kekuatan lebih, lho. Hasil tersebut juga disetujui oleh Andrew Elliot, profesor psikologi dari University of Rochester, warna merah bisa meningkatkan reaksi fisik kita. Alasannya karena merah dianggap sebagai isyarat bahaya. Peneliti menyatakan, kebanyakan orang tidak menyadari efek warna merah pada kinerja fisik mereka.

Dan memang benar, bahwa manusia cenderung lebih bersemangat ketika mereka marah atau sedang bersiap untuk menyerang. Namun, apakah memang benar, warna merah dapat tingkatkan energi saat olahraga, B’timers? Well, lebih lanjut dikatakan, bahwa persepsi ancaman yang dibawa oleh warna ini juga dapat membangkitkan kekhawatiran, gangguan dan beralihnya fokus. Ini akan menghambat kinerja.

Benarkah Merah Tingkatkan Energi Saat Olahraga? | Breaktime
Penari dengan warna merah memang lebih energik, ya?

Bagaimana merah mempengaruhi kinerja

Penelitian yang diterbitkan, telah membandingkan reaksi otot siswa dalam dua percobaan yang berbeda untuk mengetahui bagaimana warna merah dapat mempengaruhi kinerja otot. Dan dari dua percobaan, didapatkan warna merah memang mempercepat reaksi fisik peserta, B’timers. Namun menurut mereka, warna bisa mempengaruhi kita dalam berbagai konteks di luar radar kesadaran yang kita miliki, lho.

Hmm, masih penasaran, apakah warna merah dapat tingkatkan energi saat olahraga? Coba perhatikan apakah Anda mendapatkan semangat tambahan ketika mengenakan pakaian berwarna merah saat akan olahraga atau tidak, B’timers? (NO)

Baca juga : TIPS TEPAT PILIH POPOK YANG TEPAT UNTUK LANSIA

Share This Article