Benarkah Mengurangi Waktu Tidur di Akhir Pekan Bisa Cegah Penuaan? | Breaktime
Benarkah Mengurangi Waktu Tidur di Akhir Pekan Bisa Cegah Penuaan?
09.05.2015

Thanks God, finally it’s weekend! Di momen yang paling banyak dinantikan oleh pekerja kantoran ataupun wirausahawan ini, pastinya ada banyak hal yang sudah B’timers rencanakan sejak awal ya. Mulai dari shopping, “maraton” nonton film, serta sederet kegiatan fun lainnya yang sudah digadang-gadang demi mengusir stress.

Namun bila Anda ingin kembali ngantor dengan wajah yang lebih fresh selama sepekan, sebaiknya carilah aktivitas yang benar-benar memberikan manfaat positif pada kulit. Lalu, kegiatan apa yang harus Anda lakukan agar kulit terlihat lebih segar selama seminggu ke depan? 

Menurut sebuah penelitian terbaru di tahun 2013 yang dilakukan oleh Elma Baron, M.D dari University Hospitals (UH) Case Medical Center, Cleveland, kualitas tidur ternyata berpengaruh pada metabolisme kulit dan penuaan, lho.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 60 orang wanita berusia 30 hingga 49 tahun yang mengalami kurang tidur malam, diperoleh data bahwa orang yang memiliki kualitas tidur rendah sangat rentan untuk mengalami penuaan intrinsik kulit.

Perbaiki kualitas tidur bisa bikin wajah fresh
Perbaiki kualitas tidur bisa bikin wajah fresh

Penuaan intrinsik kulit ini mencakup munculnya garis-garis halus pada wajah, mengurangi daya elastisitas kulit, serta pigmentasi yang tidak merata. Efek ini hampir sama persis dengan apa yang dialami orang yang sering terpapar sinar matahari secara langsung. Hanya saja, pada kasus orang yang kurang tidur, pemulihan kulit untuk kembali normal dan fresh seperti awal akan berjalan lebih lambat. 

Nah, kalau Anda tak ingin menjadikan mimpi buruk ini menjadi kenyataan, mulai sekarang manfaatkan waktu weekend Anda untuk benar-benar beristirahat dengan cara tidur yang cukup. Apalagi bila selama ini B’timers sering lembur pekerjaan kantor hingga larut malam yang mengakibatkan jam tidur berkurang.

Selain melengkapi jam tidur dengan lebih baik, Anda juga perlu melakukan beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas tidur nyenyak seperti mematikan lampu dan semua perangkat listrik dan minum susu hangat sebelum tidur. Setelah itu, bersiaplah untuk menyambut hari Senin dengan lebih ceria dengan kulit wajah yang lebih fresh. Let’s sleep soundly like a baby!

Share This Article