Benarkah Menarik Tubuh Bisa Menambah Tinggi Badan? | Breaktime
Benarkah Menarik Tubuh Bisa Menambah Tinggi Badan?
17.09.2015
Apakah dengan cara menarik tubuh secara berkala dapat meninggi kan tubuh?”


Santoni (20), Indramayu

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa menarik tubuh dapat menambah tinggi badan. Karena secara teori, tinggi badan masih bisa bertambah selama lempeng epifisis di dalam tubuh belum menutup. Saat lempeng epifisis menutup, maka pertumbuhan berhenti juga. Rata-rata, lempeng epifisis akan menutup saat seseorang berusia 18 tahun sampai maksimal 20 tahun pada pria. Sedangkan pada wanita, lempeng epifis akan menutup lebih cepat karena pengaruh hormon.

Saat lempeng epifisis ini menutup, usaha apapun termasuk menarik tubuh secara berkala tidak akan membuahkan hasil. Justru, usaha untuk menarik tubuh bisa menimbulkan cedera, yang tentu saja akan berbahaya untuk kesehatan Anda. Maka dari itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya apabila ingin melakukan tindakan-tindakan yang berhubungan dengan organ dalam tubuh. Jika ingin memiliki tubuh yang tinggi, seharusnya maksimalkan saat Anda berusia 10-17 tahun dengan cara berolahraga seperti basket, lompat tali, dan bergelantungan pada bar vertikal.

Rajin bermain basket di usia pertumbuhan bisa memaksimalkan tinggi badan
Rajin bermain basket di usia pertumbuhan bisa memaksimalkan tinggi badan

Selain itu, mengonsumsi makanan yang bernutrisi (4 sehat 5 sempurna) dan minum susu setiap hari juga bisa memaksimalkan pertumbuhan tubuh. Meski demikian, tak ada salahnya Santoni tetap berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan. Meski kecil kemungkinannya tubuh akan bertambah tinggi, namun berat badan pasti akan tetap terjaga sehingga berpengaruh baik pula untuk penampilan.

Share This Article