Benarkah Menahan Bersin Dapat Sebabkan Kematian? | Breaktime
Benarkah Menahan Bersin Dapat Sebabkan Kematian?
02.06.2016

Bersin adalah respon tubuh menyingkirkan benda asing yang masuk, B’timers. Dan cara bersin di rumah akan sangat berbeda jika Anda berada di lingkungan lain, lho. Bersin Anda bisa menderu seperti auman singa, atau bahkan hanya seperti decitan tikus. Nah, pernah mendengar menahan bersin dapat menyebabkan kematian, B’timers? Hal tersebut benar tidak, sih?

Penelitian kecil tentang bersin

Di tahun 2013, sebuah studi menemukan bahwa jika seseorang bersin, maka udara terdorong keluar dari saluran hidung secepat 10 mph atau 4,5 meter per detik. Saat seseorang bersin, maka semua tekanan udara yang ada di paru-paru akan berusaha keluar melalui hidung.

Jika Anda menghalangi jalan keluar udara dengan menekan hidung atau mulut ketika bersin, maka udara yang penuh dengan tekanan itu akan melakukan perjalanan melalui tabung eustachio menuju telinga tengah. Dan hal itulah yang akan menyebabkan kerusakan besar, B’timers.

Benarkah Menahan Bersin Dapat Sebabkan Kematian? | Breaktime
Tutupi dengan tissue atau tangan ketika bersin, ya?

Kerusakan seperti apa yang akan terjadi?

Setelah udara yang penuh tekanan itu keluar melalui telinga, maka dipastikan akan ada kerusakan besar, yang akan dialami seperti misalnya gendang telinga pecah. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau pusing berkepanjangan, lho.

Menahan bersin juga tidak hanya mengganggu telinga saja, B’timers. Pembuluh darah di area mata juga bisa beresiko pecah yang akan mengakibatkan inkontinensia. Selain itu, otot diafragma Anda akan mengalami cedera, bahkan bisa menyebabkan pembuluh darah di otak pecah.

Jadi, menahan bersin bisa mematikan?

Well, mungkin selama ini Anda hanya menganggap ungkapan itu sebatas motis atau gurauan saja, ya, B’timers. Tapi, menahan bersin ternyata bisa mengakibatkan banyak kerusakan di dalam tubuh. Bahkan menahan bersih bisa mencederai leher.

Dan apa alasannya Anda harus menahan bersin, B’timers? Bersin adalah cara alami tubuh mengeluakan benda asing yang beresiko melukai tubuh. Yang terpenting adalah tutupi hidung dan mulut ketika bersin menggunakan tissue atau telapak tangan, ya, B’timers? (NO)

Share This Article