Benarkah Makan Nasi Bikin Cepat Ngantuk? | Breaktime
Benarkah Makan Nasi Bikin Cepat Ngantuk?
14.10.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar



Terlahir sebagai orang Asia, tentunya menjadikan B’timers begitu akrab mengonsumsi nasi saat makan. Bahkan, sejumlah tak ragu menggeleng saat ditanya “sudah makan?”,  sekalipun sudah melahap berbagai makanan. Alasannya simple, karena Anda belum makan nasi. Fenomena yang unik, bukan?

Hal unik lainnya adalah mengapa setelah mengonsumsi nasi, mata tiba-tiba jadi begitu berat dan ingin tidur? Benarkah makan nasi memang bikin Anda cepat mengantuk? Dawn Napoli, R.D, seorang dietitian terdaftar di Florida mengungkap bahwa sejumlah makanan memang menjadi pemasok energi besar yang bikin tubuh kelelahan.

Dalam hal ini, nasi merupakan makanan berkabohidrat tinggi yang sangat mudah dicerna. Dan karenanya, nasi memiliki angka indeks glikemik tinggi yang menstimulasi pelepasan triptofan dan seretonin pada otak. Kedua senyawa kimia inilah yang akan mendorong mata mengantuk lebih cepat.

Benarkah Makan Nasi Bikin Cepat Ngantuk? | Breaktime
Ganti nasi putih dengan nasi cokelat

Lalu, adakah solusi agar Anda tak mudah mengantuk usai konsumsi nasi? Tentu saja. Nasi dari beras putih umumnya mengandung karbohidrat tinggi dan serat rendah. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi nasi yang memiliki kadar serat lebih tinggi seperti beras cokelat.

Selain itu, beras cokelat juga sangat kaya akan kandungan magnesium, fosfor, selenium, tiamin, niasin, vitamin B6, serta mangan. Dengan rutin mengonsumsinya, Anda akan terbebas dari serangan jantung, diabetes, serta kolesterol tinggi.

Selain beras cokelat, B’timers juga bisa mengakrabkan menu harian dengan konsumsi beras merah yang kaya akan antioksidan. Dari segi kadar kalorinya, beras merah hanya memiliki 200 kalori yang tak bikin tubuh mudah obesitas. Selain itu, beras merah juga menganding antosianin yang mampu menekan inflamasi, mencegah kanker, dan menurunkan kolesterol.

Jangan lupa pula untuk menyiasatinya dengan konsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat. Dengan begitu, sistem pencernaan Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk mencerna semua sari makanan tersebut dengan baik.

Nah, kini B’timers tak perlu pusing lagi memikirkan cara agar tak mudah mengantuk usai konsumsi nasi. Konsumsi jenis nasi, porsi yang tepat, dan ditunjang dengan menu pendamping sehat tetap akan bikin tubuh bugar dan mata tetap terjaga.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE