Benarkah Makan Buah Mangga Bikin Jerawatan?| Breaktime
Benarkah Makan Buah Mangga Bikin Jerawatan?
19.05.2015

Bagi B’timers yang selama ini punya masalah dengan kulit berjerawat, tentunya kacang menjadi most-avoided food to consume ya? Yap, kandungan lemak kacang yang begitu tinggi memang dapat memicu kemunculan jerawat di pipi B’timers. Namun, bagaimana dengan mangga?

Buah segar yang banyak dikonsumsi dalam bentuk jus maupun salad ini ternyata diam-diam juga bisa merangsang timbulnya jerawat, lho. Kok bisa? Terkait hal ini, kepala gizi di BLK Super Speciality Hospital, New Delhi, yakni Sunita Roy Chowdhary menuturkan bahwa pada dasarnya, selain tingginya hormon androgen dalam tubuh, tingginya sekresi insulin juga bisa merangsang tumbuhnya jerawat.

Umumnya, hormon insulin dalam tubuh ini akan mengalami kenaikan bila B’timers mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi. Dalam hal ini, mangga termasuk buah dengan indeks glikemik tinggi yang bisa membuat kadar gula darah dan insulin naik drastis. Tak hanya mangga, makanan lain seperti cokelat, permen, dan beragam kue manis dengan kandungan gula berlebih pun dapat berisiko meningkatkan jerawat.

Benarkah Makan Buah Mangga Bikin Jerawatan?
Segelas jus mangga tetap baik untuk dikonsumsi asal tidak berlebih

Kendati demikian, bukan berarti buah mangga menjadi pantangan yang sama sekali tak boleh dikonsumsi bagi B’timers yang sedang jerawatan. Kandungan vitamin A, B, dan C serta serat buah mangga sangat bagus untuk menutrisi tubuh dan memperlancar sistem pencernaan. Kontrol konsumsi buah mangga yang dilakukan dalam batas normal tak akan memperparah kondisi kulit wajah Anda.

Selain itu, pastikan pula untuk selalu menjaga kebersihan kulit dengan rutin membersihkan wajah menggunakan cleanser atau facial foam yang kerap digunakan. Jaga pula pikiran B’timers untuk selalu tetap fresh dan jauh dari stress dengan melakukan serangkaian olahraga sambil terus memperhatikan pola makan secara seimbang.

Share This Article