Benarkah Konsumsi Ikan Salmon Saat Hamil Bikin Bayi Cerdas? | Breaktime
Benarkah Konsumsi Ikan Salmon Saat Hamil Bikin Bayi Cerdas?
26.05.2015

Melahirkan bayi yang sehat merupakan dambaan setiap ibu ya, B’timers. Apalagi kalau si Kecil nantinya tumbuh jadi anak yang sehat dan cerdas. Berkaitan dengan hal ini, banyak anjuran yang merekomendasikan salmon sebagai menu utama ibu hamil karena disebut-sebut bisa meningkatkan kecerdasan otak janin. Benarkah demikian?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Emily Oken, seorang asisten profesor dari Department of Ambulatory Care and Prevention di Harvad Medical School, Amerika, menunjukkan bahwa salmon yang dikonsumsi wanita hamil memang berpengaruh terhadap kecerdasan janin. Di dalam penelitian tersebut, diambil sampel sebanyak 341 wanita hamil yang diwawancarai seputar kebiasaan mengonsumsi ikan salmon selama trimester ke dua.

Hasilnya cukup mengejutkan, mereka yang mengosumsi ikan salmon setidaknya dua kali dalam seminggu memiliki anak yang lebih cerdas. Hasil tersebut didapatkan pada saat pengujian ketrampilan motorik dan juga intelektual pada saat sang anak sudah berusia 3 tahun.

Konsumsi salmon dianjurkan untuk bumil, namun dalam jumlah yang seimbang
Konsumsi salmon dianjurkan untuk bumil, namun dalam jumlah yang seimbang

Selain itu, Dr. Joseph Hibbeln dari National Institute Amerika, juga melakukan penelitian serupa. Dalam studi ini, ditemukan fakta bahwa wanita hamil yang mengonsumsi ikan kurang dari 340 dalam seminggu, akan memiliki bayi dengan kemampuan komunikasi buruk di usia 18 bulan. Selain itu, sang anak juga memiliki kemampuan motorik yang rendah di usia 3 tahun. 

Salmon memang merupakan bahan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk mendukung kecerdasan otak. Asam lemak omega 3 ini merupakan salah satu zat yang sangat penting namun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. 

Selain salmon, B’timers juga bisa mengonsumsi beberapa bahan makanan yang baik untuk otak janin seperti bayam, cokelat, kayu manis, dan juga buah beri. Yang terpenting, selalu penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan seimbang, ya.

Share This Article