Benarkah Kanker Disebabkan Genetik? Ini Faktanya!
Benarkah Kanker Disebabkan Genetik? Ini Faktanya!
19.01.2016

Kanker merupakan salah satu penyakit mengerikan yang tak mudah diobati. Bahkan, tak sedikit pasien kanker yang berakhir pada kematian karena telat berobat. Namun, benarkah kanker disebabkan oleh faktor genetik akibat mutasi DNA? Ternyata tidak!

90 persen kasus kanker yang terjadi, disebabkan oleh faktor selain kondisi genetik. Fakta ini, bertentangan dengan sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Januari dan mengemukakan bahwa 65 persen kasus kanker diakibatkan oleh kesalahan acak dalam pembelahan sel.

Penyebab utama kanker bukan faktor genetik

Gen yang diwariskan oleh orangtua bukan penyebab utama kanker
Gen yang diwariskan oleh orangtua bukan penyebab utama kanker

Dr. Yusuf Hannun dari Stony Brook University di Amerika Serikat, mengatakan bahwa faktor dalam dunia sekitar kita jauh lebih berpengaruh dibanding faktor genetik. Ini artinya, kanker lebih banyak disebabkan oleh faktor lingkungan.

Dr Jian-Min Yuan dari University of Pittsburgh mendukung pendapat ini, dengan mengatakan bahwa gen yang diwariskan oleh orangtua, hanya menyebabkan sangat sedikit dari kasus kanker.

Selain Dr Yusuf dan Dr Jian-Min, Profesor Kevin McConway, juga mengatakan bahwa jika dimungkinkan untuk menghilangkan seluruh faktor eksternal, kasus kanker oleh faktor genetik memang masih terjadi, tapi sangatlah sedikit.

Penyebab kanker bisa dicegah

Menghindari rokok sangat efektif untuk menurunkan risiko kanker
Menghindari rokok sangat efektif untuk menurunkan risiko kanker

Faktor lingkungan atau eksternal ini, kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup seseorang. Misalnya saja kebiasaan merokok yang akan menyebabkan kanker pada paru-paru, tenggorokan dan mulut. Contoh kedua adalah kebiasaan berada di terik matahari dan terpapar sinar ultraviolet yang menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan berakhir dengan kanker.

Mengetahui penyebab utama kanker bukanlah faktor genetik, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk menghindari terjadinya kanker. Terlebih lagi, telah jelas bahwa penyebab utama kanker adalah gaya hidup atau kebiasaan buruk yang kerap Anda lakukan.

Gaya hidup sehat, seperti menghindari rokok dan alkohol, menjaga berat badan ideat, serta diet sehat, memang bukan jaminan bahwa Anda tidak akan mengidap kanker. Namun, kebiasaan baik ini memiliki pengaruh yang signifikan untuk menurunkan risiko penyakit kanker.

Setelah mengetahui fakta penyebab kanker ini, masihkah Anda ragu untuk memulai gaya hidup sehat, B’timers? (dfr)

Share This Article