Benarkah Duduk Lama Lebih Berbahaya dari Rokok? | Breaktime
Benarkah Duduk Lama Lebih Berbahaya dari Rokok?
18.05.2015

Kegiatan yang tampak sepele dan sama sekali tak membahayakan, tapi benarkah duduk terlalu lama memiliki efek yang lebih berbahaya dari rokok? Well, tampaknya Anda harus percaya hal tersebut karena menurut Dr. James Levine, direktur Mayo Clinic-Arizona State University Obesity Solutions Initiative,  seseorang akan kehilangan hidup selama 2 jam untuk setiap 1 jam duduk. 

Ya, duduk sepanjang hari merupakan kegiatan yang tidak sehat dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular. Bahkan, Levine menuturkan bahwa duduk lebih berbahaya dibandingkan dengan merokok, membunuh lebih banyak orang dibanding dengan HIV, serta lebih beresiko dibandingkan dengan terjun payung. 

Hal tersebut mendapatkan dukungan dari seorang cardiolist, Dr. David Coven, bahwa merokok merupakan penyebab utama timbulnya berbagai penyakit kardiovaskular seperti halnya kanker, seragan jantung, dan juga diabetes tipe dua. Namun ternyata, duduk terlalu lama juga memiliki efek yang sama bahkan lebih parah. Duduk terlalu lama dapat menjadi pembunuh yang lebih berbahaya dan mengancam kelangsungan hidup Anda. 

Selingi dengan aktivitas ringan supaya tubuh tetap bugar
Selingi dengan aktivitas ringan supaya tubuh tetap bugar

Nah, jika pekerjaan B’timers benar-benar menuntut duduk lebih lama dibandingkan berdiri, kunci untuk mengurangi efek buruknya adalah dengan aktif bergerak. Lakukan berbagai pencegahan yang sangat simpel dan bisa dilakukan disela-sela kerja yang padat, misalnya saja jalan-jalan setelah makan siang atau melakukan stretching beberapa kali di dalam ruangan.  Intinya jangan biarkan tubuh Anda duduk lebih lama dibandingkan dengan berdiri, so get up!

Share This Article