Benarkah Daun Sirih Dapat Menyembuhkan Mimisan? | Breaktime
Benarkah Daun Sirih Dapat Menyembuhkan Mimisan?
10.12.2015

Apa yang akan Anda lakukan ketika mendapati buah hati tiba-tiba mengeluarkan darah dari hidung? Ya, untuk menghentikan darah yang keluar, kita biasa menggulung 1 lembar daun sirih, lalu menyumpalnya di hidung yang mengeluarkan darah itu. Efeknya? Darah langsung berhenti mengalir!

Khasiat daun sirih

Orang Indian kuno sudah menggunakan daun sirih untuk bahan dasar obat. Dan melalui beberapa studi menunjukkan kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti zat samak,dan kavikol yang dapat mematikan kuman, anti oksidasi dan anti jamur.

Sifat daun sirih yang dapat menghentikan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan, membuatnya aman untuk pengobatan luar maupun dalam.

Penyebab mimisan

Sebenarnya kita sebagai orang tua juga wajib mengetahui apa penyebab mimisan. Karena meskipun sirih atau obat herbal lain dapat menghentikan pendarahan, yang ditakutkan adanya penyakit dalam yang berbahaya yang mengakibatkan buah hati mimisan.

Mimisan ini bisa terjadi ketika pembuluh darah yang ada di selaput lender hidung pecah. Hal tersebut bisa karena beberapa faktor.

  1. Terjadi peradangan dalam hidung, karena terlalu dalam membersihkan hidung
  2. Terkena pukulan di area hidung, atau terbentur benda keras
  3. Menderita demam
Benarkah Daun Sirih Dapat Menyembuhkan Mimisan? | Breaktime
Gunakan daun sirih untuk pertolongan pertama

Pertolongan pertama

Jangan panik ketika mendapati anak Anda atau seseorang tiba-tiba mimisan. Sebelum dibawa ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan lain untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ada baiknya lakukan beberapa tips ini:

  1. Sarankan penderita untuk duduk dengan kepala condong ke depan, tapi jangan menunduk. Atau jika mengalami sakit kepala, bisa Anda sarankan untuk berbaring dengan bantal tipis, karena berbaring tanpa bantal beresiko mengalirkan darah masuk ke otak.
  2. Jepit lubang hidung yang mimisan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Lakukan hal tersebut sampai sekitar 5 menit, atau jika pendarahan sudah berhenti bisa dihentikan.
  3. Kompres area hidung menggunakan kain yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam air dingin. Hal ini dimaksudkan untuk menghentikan pendarahan.

Sirih sebagai obat herbal

Sebagai obat herbal sendiri, mungkin kebanyakan dari Anda akan langsung menggunakan daun sirih yang dilumatkan, kemudian digulung untuk menyumbat lubang hidung yang mimisan.

Selain khasiat tersebut, daun sirih juga memiliki manfaat lain. Karena sifatnya yang dapat mendinginkan, minyak daun sirih dapat Anda gunakan sebagai obat sakit kepala.

Juga ada jus daun sirih yang bisa Anda racik di rumah. Dengan bahan beberapa lembar daun sirih ditambahkan susu dan beberapa tetes madu, kemudian dijus bisa memudahkan penderita kencing batu.

Untuk anak-anak atau orang dewasa yang menderita batuk hingga sulit bernapas, Anda bisa menghangatkan sejumlah daun sirih dengan minyak, dan aplikasikan ramuan tersebut di area dada.

Bahkan luka sayatan juga dapat Anda obati menggunakan daun sirih yang telah dihaluskan. Sebelum Anda membalut luka, berikan ekstrak sirih. Dengan rutin mengganti perban dan ramuan herbal tersebut, dalam 2 hari luka akan mengecil.

Baca Juga: Herbal yang Ampuh Perangi Kanker

Tak heran orang tua kita selalu punya tanaman yang satu ini, ternyata daun sirih memiliki banyak khasiat ya, B’timers? Tidak ada salahnya Anda juga menambahkan tanaman ini untuk mengisi kebun di rumah.

Share This Article