Benarkah Bawang Putih Bisa Atasi Sakit Gigi? | Breakitme
Benarkah Bawang Putih Bisa Atasi Sakit Gigi?
03.06.2015

Pernahkah B’timers mendengar lirik lagu lebih baik sakit gigi daripada sakit hati? Well, kalau bisa memilih, tentu terbebas dari rasa sakit keduanya akan lebih baik karena faktanya sakit gigi tidaklah seringan yang tertulis di lirik tersebut.

Sakit gigi dapat membuat Anda sangat sensitif dan mudah kehilangan kendali di lingkungan sekitar. Hal ini terjadi karena B’timers mengalami kesulitan konsentrasi akibat rasa sakit yang begitu menyiksa. Sakit gigi ini biasanya dipicu oleh gigi berlubang atau radang pada gusi.

Berbagai pengobatan herbal seperti bawang putih pun kerap menjadi wacana yang konon bisa menyembuhkan sakit gigi secara ampuh. Benarkah demikian? Dalam dunia medis, sebenarnya bawang putih bukanlah benda asing untuk digunakan dalam pengobatan.

Bawang putih (Allium sativum) mengandung allicin, sebuah senyawa kimia yang mampu menghilangkan rasa sakit dan bertindak sebagai anti peradangan.

Bawang putih atasi masalah peradangan
Bawang putih atasi masalah peradangan

Richard S. Rivlin dari New York Presbyterian Hospital, New York menuliskan dalam jurnalnya yang dimuat ole The Journal of Nutrition tahun 2001 bahwa filsuf kuno Yunani, Hippocrates, menjadikan bawang putih sebagai obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Selain itu, menurut Suresh Babu, penulis A Treatise on Home Remedies, B’timers bisa menyembuhkan sakitgigi dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bagian gigi yang sakit.

Kendati demikian, jangan lupa untuk memeriksakan gigi B’timers ke dokter begitu rasa sakit gigi telah berkurang. Dengan begitu, B’timers bisa tahu persis keadaan gigi apakah sedang berlubang atau mengalami peradangan gusi dan diberikan penanganan medis yang lebih tepat.

Share This Article