Benarkah Bangun Pagi Bisa Bikin Anda Lebih Bahagia? | Breaktime
Benarkah Bangun Pagi Bisa Bikin Anda Lebih Bahagia?
09.03.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar



“Every morning starts a new page in your story. Make it a great one today”—Doe Zantamata

Bergelung dalam selimut lebih lama di pagi hari yang dingin memang kerap mengasyikkan. Sayangnya, Anda jadi tak punya banyak kesempatan untuk menikmati indahnya suasana pagi bebas dari hiruk-pikuk yang sebenarnya bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan psikologi.

Sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam American Psychological Association Journal mengungkapkan bahwa 700 responden dengan rentang usia 17 hingga 79 tahun yang punya kebiasaan bangun pagi dan siang ditanya tentang perasaaan mereka.

Hasilnya, perasaan bahagia dan merasa diri lebih sehat lebih sering meluncur dari mereka yang terbiasa bangun pagi hari. Hal ini karena mereka punya waktu luang lebih banyak untuk olahraga dan melakukan sesuatu dengan santai dan tak terburu-buru sebelum berangkat kerja.

Awali kesuksesan di kantor dengan bangun lebih pagi
Awali kesuksesan di kantor dengan bangun lebih pagi

Penelitian dengan fokus yang sama juga dilakukan oleh seorang profesor biologi di University of Education di Heidelberg, Christopher Randler dan telah diterbitkan di Journal of Applied Social Psychology.

Di sela sesi wawancaranya dengan pihak Harvard Business Review, Randler mengungkap bahwa orang yang bangun lebih pagi cenderung memiliki pemikiran yang tajam dan kreatif. Mereka juga punya selera humor yang baik dan mudah diajak bergaul. Ia juga menambahkan, when it comes to business success, morning people hold their important cards.

Tak hanya itu. Bila B’timers saat ini masih kuliah dan ingin mendapatkan IPK yang gemilang, cobalah untuk bangun lebih pagi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Daniel J. Taylor, Ph.D di tahun 2008 pada sejumlah mahasiswa di Texas Univeristy yang punya kebiasaan bangun pagi ternyata memiliki skor IPK yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang kerap bangun kesiangan.

Bagaimana? Tertarikkah Anda untuk mengubah hidup jadi lebih baik dan menyenangkan dengan bangun lebih pagi? Jika memang rasa bahagia itu begitu mudah untuk diperoleh hanya dengan bangun lebih awal, mengapa B’timers tak mencobanya?



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE