Benarkah Asam Lambung Penyebab Sakit Menelan? | Breaktime
Benarkah Asam Lambung Penyebab Sakit Menelan?
15.08.2017

B’timers pasti pernah merasakan sakit saat menelan, kan? Sakit saat menelan ini disebut juga dengan sakit tenggorokan yang terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Namun, tak hanya itu, ada banyak penyebab sakit menelan. Bisa juga disebabkan karena reaksi alergi di jalur menelan. Kondisi seperti ini biasanya sering terjadi pada anak-anak atau remaja dan membuat tidak nyaman.

Nah, untuk para ibu sebaiknya harus mengenali hal-hal seperti ini jika mendapat keluhat dari buah hati. Bahkan sakit tenggorokan ini juga disertai dengan gejala-gejala lain seperti sakit kepala, pembesaran kelenjar leher, amandel membengkak karena radang, nyeri otot, batuk, ingus, iritasi, dan gatal di area tenggorokan. Lalu, apakah penyebab sakit saat menelan yang sesungguhnya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Penyebab Kolesterol yang Tak Terduga

Radang tenggorokan atau sore throat

Ini adalah penyebab umum sakit tenggorokan saat menelan. Bakteri yang membuat sakit tenggorokan adalah bakteri streptococcal yang ada di amandel dan tenggorokan. Namun hal ini bisa juga karena virus. Bakteri dan virus inilah yang mengakibatkan inflamasi dan iritasi pada dinding tenggorokan. Jika Anda mengalami radang tenggorokan, biasanya ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening, amandel bengkak, bercak putih kekuningan di atas permukaan tenggorokan, demam, dan amandel yang memerah.

Asam lambung juga bisa jadi penyebabnya

Kalau yang ini biasanya akan dialami oleh para penderita asam lambung kronis. Hal ini dikarenakan asam lambung yang naik kembali hingga ke esofagus (kerongkongan). Cairan lambung yang bersifat asam inilah yang menyebabkan iritasi dinding esofagus. Selain mengalami sakit saat menelan, ini juga bisa membuat Anda kesulitan bernapas. Mungkin memang jarang anak-anak yang mengalami asam lambung kronis, namun biasanya terjadi pada remaja hingga orang dewasa.

Benarkah Asam Lambung Penyebab Sakit Menelan? | Breaktime
Penyebab sakit menelan sering terjadi pada anak-anak
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mitos dan Obat herbal untuk keputihan

Radang amandel

Amandel berfungsi untuk mencegah infeksi masuk ke dalam tubuh. Namun jika amandel mengalami infeksi, maka bisa juga menjadi penyebab sakit menelan. Meski bisa menyerang semua usia, penyakit ini lebih sering menyerang usia anak-anak. Kalau tidak segera diatasi akan mengakibatkan komplikasi serius. Gejala radang amandel ini biasanya demam, sakit tenggorokan, dan amandel terlihat membengkak, memerah, dan disertai dengan bercak putih kekuningan. Hampir mirip dengan gejala radang tenggorokan memang.

Difteri

Untuk penyakit yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri serius, Corynebacterium diphtheriae. Racun bakteri ini bisa mempengaruhi selaput lendir hidung dan tenggorokan yang akan membentuk selaput putih baru lebih tebal di atas permukaan hidung, tenggorokan, lidah, dan saluran pernapasan. Anda bisa melakukan pencegahan dengan melakukan vaksin. Gejala difteri biasanya menggigil, demam, bercak tebal abu-abu pada amandel atau tenggorokan, pembengkakan kelenjar leher, batuk, kulit kebiruan, dan mulut terus mengeluarkan air liur.

Jika sudah mengalami gejala-gejala demikian, Anda bisa melakukan beberapa cara. Pertama, berkumur sampai ke tenggorokan dengan obat kumur antiseptik sebanyak 2 – 5 kali dalam sehari. Ingat untuk menggunakan obat kumur yang mengandung povidone-iodine yang bisa membunuh bakteri penyebab gangguan mulut dan tenggorokan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Rematik dari Alam yang Wajib Dicoba

Kedua, minum air putih yang cukup atau lebih juga akan lebih baik. Air putih bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kurang-kurangi merokok dan berada di lingkungan yang penuh dengan asap. Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi. Jangan makan dan minum yang terlalu panas. Makanan-makanan yang berpengawet atau diolah dengan cara yang tidak sehat juga harus banyak dikurangi. Jika memang sudah tidak tahan, Anda bisa segera pergi ke dokter untuk medical check-up.

Setelah mengetahui gejala, penyebab, dan cara mengatasi penyebab sakit menelan, Anda atau siapapun yang mengalami bisa beraktivitas dengan tenang dan nyaman, tanpa rasa sakit pada bagian tenggorokan. Setelahnya, Anda juga harus menjaga gaya hidup sehat di lingkungan keluarga.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE