Belajar Cara Cepat Atasi Diare Tanpa Obat, Yuk! | Breaktime
Belajar Cara Cepat Atasi Diare Tanpa Obat, Yuk!
20.04.2016

Perubahan cuaca yang tidak menentu dibarengi dengan pola makan tidak teratur dan tidak terjamin kebersihannya dapat memicu terjadinya penyakit perut seperti diare. Biasanya B’timers akan sedikit panik dan merasa lemas apalagi jika diare yang keluar dalam frekuensi sering dan banyak. Jangan khawatir dulu karena cara cepat atasi diare tanpa obat berikut akan membantu mengatasi diare Anda.

Minum banyak cairan

Cara cepat atasi diare tanpa obat  yang pertama adalah dengan meminum banyak cairan. Selama diare, cairan dalam tubuh akan terkuras habis. Hal ini menyebabkan Anda lemas dan tidak berdaya karena aliran darah pun turut melambat.

Belajar Cara Cepat Atasi Diare Tanpa Obat, Yuk! | Breaktime
Minum air yang banyak untuk mengganti cairan yang hilang

Atasi dengan meminum air mineral banyak-banyak setiap kali Anda selesai diare. B’timers dapat pula memilih minuman olahraga yang dijual di pasaran. Selain mengandung ion, minuman olahraga biasanya mengandung gula dan garam yang mudah untuk diserap tubuh Anda selama kekurangan cairan.

Pastikan Anda menyiapkan minuman hangat untuk dikonsumsi. Dibanding minuman dingin, minuman hangat akan membantu melemaskan sistem pencernaan B’timers sehingga frekuensi diare akan berkurang sedikit demi sedikit.

Ada beberapa jenis minuman yang patut untuk Anda perhatikan selama diare. Hindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, serta minuman manis. Produk olahan susu juga akan memperburuk pencernaan karena laktosanya akan melukai Anda selama diare berlangsung. Minum teh hitam pekat tanpa gula akan membantu menghambat diare Anda.

Makan makanan hambar

Biasanya B’timers akan merasa kehilangan nafsu makan selama diare. Namun, sama sekali tidak mengonsumsi makanan bukanlah pilihan yang tepat untuk mengatasi diare. Anda tetap harus mengonsumsi makanan agar tubuh memiliki energi cukup untuk beraktivitas.

Belajar Cara Cepat Atasi Diare Tanpa Obat, Yuk! | Breaktime
Bubur hangat dengan kuah kaldu paling pas untuk hidangan kala perut tak nyaman

Selama 24 jam setelah diare pertama berlangsung, atasi dengan minum cairan bening. Hari berikutnya mulai konsumsi makanan hambar seperti pisang, nasi, dan roti. B’timers dapat pula mengonsumsi biskuit cracker dan mashed potato untuk memberikan variasi makanan selama diare.

Hindari makanan yang mengandung serat tinggi seperti gandum dan nasi merah. Makanan yang digoreng dan mengandung banyak gula justru akan memperburuk sistem pencernaan Anda dan membuat diare semakin parah.

Nasi lembut dengan kuah kaldu bening hangat akan membantu pencernaan lebih rileks sehingga kembali ke kondisi semula. Selain itu, perhatikan kebersihan makanan yang Anda olah. Bisa jadi bakteri yang menempel dalam makanan tersebut yang menjadi pemicu diare Anda tidak sembuh.

Bila setelah 2 hari ke depan Anda sudah melakukan cara cepat atasi diare tanpa obat dan tidak terjadi perubahan, sebaiknya B’timers segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penanganan cepat terhadap diare akan membantu Anda mengurangi risiko buruk, mulai dari lemas, dehidrasi, hingga kematian. Think fast, act faster for your health! (ft)

Share This Article