Begini Cara Tepat untuk Bersihkan Noda Bandel | Breaktime
Begini Cara yang Tepat untuk Bersihkan Noda Bandel
21.03.2016

Banyak orang suka kopi, namun tak satupun yang suka noda kopi menempel di baju. Sayangnya, noda kopi sangat sulit dibersihkan. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa ya, B’timers! Jika Anda membersihkan dengan benar, bukan mustahil kok menghilangkan si noda kopi dari pakaian Anda.

Berikut ini cara tepat bersihkan noda yang katanya susah hilang. Oh, ya, tak hanya kopi, Breaktime juga akan membahas cara membersihkan noda-noda bandel lainnya, lho!

Noda kopi

Tuangkan air dingin di bagian belakang pakaian yang terkena noda. Sambil mengucek pelan saja. Jika noda tetap ada, boleh gunakan sedikit deterjen, B’timers!

Begini Cara Tepat untuk Bersihkan Noda Bandel | Breaktime
Bersihkan noda kopi dengan air dingin saja

Noda cokelat

Kikis noda dengan menggunakan pisau selanjutnya, tuangkan sedikit susu dan diamkan 5 menit. Basuh dengan air dingin sambil dikucek kemudian oleskan deterjen cair dan masukkan ke dalam mesin cuci.

Noda wine

Garam bisa menyerap banyak cairan anggur. Jadi, cobalah menaburkan beberapa jumput garam ke pakaian yang terkena noda. Atau, Anda juga bisa menggunakan soda, kok!

Noda kecap

Cara tepat bersihkan noda kecap adalah dengan menggunakan campuran air dingin dan amonia. Takaran tang digunakan adalah 2 : 1. Hapus bagian noda dengan kapas atau handuk yang telah dicelupkan ke dalam larutan amonia dan lihat hasilnya.

Noda saus

Seperti cokelat, kikis saus dengan pisau sebisanya. Kemudian siram dengan cuka dan oleskan deterjen cair. Kucek sedikit, kemudian selesaikan dengan menyiram air dingin.

Noda lipstik

Jika lipstik tiba-tiba menempel di pakaian Anda, jangan khawatir. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan hair spray. Semprotkan hair spray dan tunggu selama 10 menit kemudian hapus dengan handuk atau kapas basah.

Noda foundation

Foundy di leher mengotori kerah baju? Sudah biasa! Cara membersihkannya pun sangat mudah. Anda cukup menggunakan alkohol dan oleskan pada noda dengan bantuan kapas hingga menghilang.

Begini Cara Tepat untuk Bersihkan Noda Bandel | Breaktime
Alkohol ampuh membersihkan noda bedak foundation

Noda keringat

Noda keringat bisa membuat pakaian tebal dengan kotoran saat kering. Untuk membersihkannya, tuangkan sampo ke bagian noda, diamkan selam 5 menit kemudian bilas dengan air dingin. Jika tidak berhasil, coba bersihkan dengan garam. Sebelumnya, basahi dulu noda dengan air, ya!

Noda tinta

Noda tinta mungkin adalah yang paling sulit dihilangkan. Namun, noda ini masih bisa enyah dari pakaian Anda jika menggunakan hair spray untuk membersihkannya. Semprotkan hair spray begitu tinta tumpah. Diamkan selama 5 menit, usap dengan handuk kemudian bersihkan di mesin cuci.

Begini Cara Tepat untuk Bersihkan Noda Bandel | Breaktime
Bersihkan dengan hair spray

Noda darah

Cara tepat bersihkan noda yang terakhir adalah untuk menghilangkan noda darah. Rendam pakaian yang terkena darah dengan air garam selama 2 jam. Setelah itu bilas dengan larutan amonia dan air dingin dengan perbandingan 1 : 2. Nah, semoga informasi cara tepat membersihkan noda bandel di atas bermanfaat, ya! (nap)

Share This Article