Begini Cara Rawat Telinga Yang Benar! | Breaktime
Begini Cara Rawat Telinga Yang Benar!
20.10.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Headphones lebih baik digunakan dibandingkan dengan earbuds



Pendengaran menjadi salah satu indera yang paling vital. B’timers sering mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume tinggi? Semua tahu bahwa hal tersebut sangat berbahaya untuk pendengaran manusia. Oleh karena itu, kurangi mendengarkan musik dengan volume tinggi. Tetapi nggak hanya itu saja. Ada cara lainnya yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga Anda. Apa saja, sih? Yuk simak sama-sama.

Selain mendengarkan musik, Anda pasti sering datang ke club, konser, atau ke lingkungan-lingkungan yang terlalu bising. Nah, saat Anda berada pada kondisi tersebut, usahakan untuk menggunakan earplugs yang bertujuan untuk mengurangi suara bising tersebut.

Menurunkan volume suara jadi hal yang paling penting seperta yang sudah disebutkan sebelumnya. Menurut World Health Organization, sekitar 1,1 miliar remaja di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran akibat penggunaan audio yang terlalu kencang. Oleh karena itu, ikuti aturan 60/60 yang berarti gunakan headphone dengan volume 60% selama tidak lebih dari 60 menit setiap hari.

Begini Cara Rawat Telinga Yang Benar! | Breaktime
Jaga telinga agar tidak mengalami gangguan pendengaran

Baca juga : TELINGA ANDA INFEKSI LUBANG ANTING? ATASI DENGAN INI!

Yes, headphone memang lebih direkomendasikan ketimbang earbuds. Penggunaan earbuds lebih dekat dengan gendang telinga. Meski lebih baik, menggunakan headphones dengan volume tinggi tetap saja berisiko.

Telinga juga butuh waktu istirahat, lho. Telinga butuh waktu 16 jam untuk sembuh dari satu malam yang bising. At least, cobalah untuk mengistirahatkan telinga yang sering mendengar suara bising. Selain itu, jaga telinga tetap kering. Kelembaban akan membuat bakteri mudah masuk ke dalam saluran telinga. Untuk menghindari infeksi, keringkan telinga dengan menggunakan handuk kering setelah mandi atau berenang.

Cara yang terakhir adalah rajin-rajin ke dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan telinga sekaligus membersihkan kotoran yang bersarang di dalam telinga. Dengan begitu, Anda tak akan mengalami gangguan pendengaran dan telinga tetap sehat. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE