Begini Cara Meningkatkan Trombosit dengan Cepat | Breaktime
Begini Cara Meningkatkan Trombosit dengan Cepat
10.11.2016

Bagaimana cara meningkatkan trombosit pada orang yang terserang demam berdarah? Pada dasarnya tidak hanya pasien demam berdarah yang akan mengalami penurunan trombosit pada tubuhnya namun orang yang sedang hamil atau sedang dalam proses persalinan juga bisa mengalami penurunan jumlah trombosit pada tubuhnya.

Trombosit itu sendiri adalah keping darah dimana dengan turunnya jumlah trombosit di dalam tubuh sesorang merupakan salah satu hal yang berbahaya bagi keselamatan orang tersebut, ini dikarenakan trombosit adalah salah satu sel kecil yang ada di dalam darah yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan. Jadi jika trombosit yang ada di dalam tubuh seseirang tidak mencapai jumlah yang seharusnya saat terjadi pendarahan tentu ini akan mengancam jiwa orang tersebut.pendarahan itu sendiri ada dua macam yang pertama adalah pendarahan internal yang terjadi pada organ dalam dan yang kedua adalah pendarahan eksternal seperti mimisan, bintik-bintik merah pada kulit dan juga berak darah.

Agar trombosit yang terus mengalami penurunan bisa dihentikkan dan menaikkan kembali jumlah trombosit ke dalam jumlah yang seharusnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu bahwa jumlah normal trombosit pada tubuh berkisar antara 150 ribu sampai 450 ribu per mikro-liter darah. Berikut ini adalah cara meningkatkan trombosit dengan cepat.

Makanan sehat dan bergizi

Hal ini tentu bukan hal baru lagi dimana Anda harus menjaga pola makan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran segar. Namun di sini, sayur yang dan buah yang bisa membantu menaikkan jumlah trombosit dengan cepat antara lain sayur hijau seperti bayam, tomat, kiwi, dan juga tomat. Makanan lain yang bisa membantu peningkatan jumlah trombosit yaitu telur, susu, keju, kacang, serta hati dan daging kambing.Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin B12 dan jug asam folat yang memiliki peran penting dalam memproduksi elemen darah yaitu trombosit.

Selain makanan di atas ada juga makanan lain yang bisa membantu Anda untuk menaikkan trombosit secara alami yaitu makanan yang kaya akan kandungan omega-3 seperti ikan tuna, salmon, minyak ikan, dan minyak biji rami. Kandungan omega-3 yang ada pada makanan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan trombosit.

Begini Cara Meningkatkan Trombosit dengan Cepat | Breaktime
Buah kiwi bagus untuk meningkatkan produksi trombosit

Vitamin & Mineral

Jika Anda merasa kesusahan dengan mendapatkan bahan-bahan makanan yang bisa membantu Anda menaikkan trombosit Anda bisa menggunakan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit seperti vitamin B12, omega-3, dan asam folat.

Air hangat

Perlu Anda ketahui sel-sel darah di dalam tubuh kita terbuat dari air dan protein. Oleh karena itu dengan minum banyak air ini akan membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah termasuk trombosit. Namun usahakan untuk menggunakan air hangat agar tidak memperlambat pencernaan yang dapat membuat tubuh terganggu dalam penyerapan nutrisi.

Menghindari obat

Saat trombosit dalam tubuh sedang mengalami penurunan lebih baik Anda tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri dan juga obat penurun panas. Kedua jenis obat tersebut dapat menghambat tubuh memproduksi trombosit dan juga dapat mengganggu fungsi trombosit pada tubuh.

Dengan cara-cara di atas jika Anda atau mungkin keluarga Anda sedang terserang demam berdarah, autoimun, atau anemia yang menyebabkan jumlah trombosit dalam tubuh terus menurun Anda bisa menaikkan trombosit dengan lebih cepat dan dengan cara yang alami. Semoga cara meningkatkan trombosit di atas dapat membantu. (naf)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE