Beberapa Cara Mencegah Kolesterol di Usia Muda | Breaktime
Beberapa Cara Mencegah Kolesterol di Usia Muda
18.05.2017

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang paling sering di derita oleh masyarakat Indonesia. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kadar kolesterol dalam darah yang disarankan bisa bervariasi, tergantung apakah orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rendah untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Jumlah kolesterol dalam darah bisa diukur dengan melakukan tes darah. Cara mencegah kolesterol dan mengetahui sejak dini, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendiagnosa kadar kolesterol Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Kesalahan Umum Gerakan Fitness Wajib Dihindari

Penyakit kolesterol ini biasa nya di tularkan melalui keturunan keluarga dekat yang memiliki riwayat kolesterol. Tidak menutup kemungkinan bahwa keturunan penderita kolesterol juga akan menderita kolesterol juga. Penyakit kolesterol di bagi menjadi 4 jenis kolesterol antara lain kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoproteins), kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoproteins), Trigliserida, VLDL (Very Low Density Lipoproteins). Masing-masing jenis kolesterol memiliki fungsi yang berbeda beda seperti kolesterol jenis HDL untuk membantul sel memproduksi hormon dan kolesterol jenis LDL yang menghambat kinerja pembulu arteri.

Ada beberapa dampak yang diakibatkan oleh kadar kolesterol yang tinggi antara lain :

  1. Meningkatkan resiko terkena penyempitan arteri.
  2. Penggumpalan darah di bagian bagian tertentu
  3. Stroke ringan
  4. Serangan jantung
  5. Penyakit jantung coroner
  6. Penyakit hipertensi
  7. Penyakit Diabetes
  8. Rasa sakit di bagian dada depan atau pada lengan
Beberapa Cara Mencegah Kolesterol di Usia Muda | Breaktime
Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Dia Sumber Lemak yang Tak Boleh Dihindari

Salah satu penyebab terjadinya kolesterol yang tinggi adalah faktor makanan. Faktor makanan yang di maksud adalah makanan apapun yang mengandung lemak yang berlebih. Memang lemak adalah salah satu nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh tetapi jika makanan tersebut mengandung lemak berlebih dan lemah jenuh , maka tidak baik untuk tubuh kita dan bisa menyebabkan kadar kolesterol yang tinggi. Untuk menjaga kesehatan, Anda juga perlu menjaga makanan Anda. Sebisa mungkin konsumsi makanan rendah lemak sebagai cara mencegah kolesterol. Berikut ini adalah jenis makanan yang mengandung lemak yang tinggi antara lain daging babi, daging sapi, keju, susu, es cream, mentega, minyak sawit, kentang goreng, ayam goreng dan olahan daging panggang.

Anda juga dapat mencegah kolesterol sejak dini atau menurunkan kadar kolesterol tinggi antara lain :

  1. Menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan seimbang.
  2. Hindari makanan berlemak atau konsumsi makanan yang rendah lemak.
  3. Gantikan daging ayam dengan daging ikan, atau tetap mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit. Kulit harus dibuang dari daging ayam bahkan sebelum dimasak.
  4. Cobalah untuk mengganti kebiasaan makanan berlemak jenuh dengan sayur sayuran dan biji-bijian.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sederhana, Ramuan Penurun Kolesterol Yang Efektif
  1. Hindari terlalu sering menggoreng berbagai jenis makanan. Untuk menjaga agar makanan tetap sehat maka panggang makanan dan tambahkan minyak zaitun daripada mentega.
  2. Lakukkan olahraga secara rutin dan turunkan berat badan Anda jika Anda kelebihan berat badan.
  3. Bagi perokok, sebaiknya Anda berhenti merokok karena pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati.
  4. Jika riwayat keluarga Anda ada yang memiliki kolesterol, sebaiknya Anda rajin memeriksakan kadar kolesterol dan rutin melakukan gaya hidup sehat.

Jadi dengan cara mencegah kolesterol tersebut Anda bisa terhindar dari penyakit ini dan bisa hidup lebih sehat. (pnh)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE