Bau Mulut? Ini Penyebab dan Cara Alami Atasinya | Breaktime
Bau Mulut? Ini Penyebab dan Cara Alami Atasinya
30.09.2017

Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang, namun Anda tidak fokus pada apa yang ia sampaikan karena Anda berusaha agar tidak pingsan di tempat gara-gara bau mulut dari si lawan bicara? Atau justru, Anda membaca artikel ini saat ini gara-gara Anda self-conscious dengan aroma mulut Anda sendiri? Jika Anda pernah jadi korban dari orang dengan bau mulut yang parah, kami turut berduka! Sedangkan jika Anda lebih condong ke alasan kedua, kami ucapkan selamat. Seriously! Tidak mudah lho mengakui bahwa Anda memiliki masalah dengan bau mulut. Malah kebanyakan orang tidak sadar dengan bau mulut mereka sendiri.

Nah, memang pastinya kebanyakan dari kita ingin segera tahu apa sih solusi dari bau mulut? Tapi tunggu dulu, B’Timers! Penyebab dari bau mulut ternyata bermacam-macam lho. Penyebab umum dari bau mulut, atau yang lebih keren disebut dengan halitosis, adalah akibat sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi (Ewww!). Selain itu, makanan dengan aroma tajam seperti bawang putih dan petai bisa mempengaruhi aroma mulut Anda. Kondisi mulut yang kering seperti saat Anda baru bangun di pagi hari juga bisa membuat Anda memiliki napas naga.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Vitamin untuk Mata ini Baik untuk Kesehatan Mata

Pengaruh obat-obatan juga bisa lho memberikan dampak terhadap bau mulut Anda. Obat-obatan tersebut umumnya memiliki efek mengurangi produksi air ludah (saliva). Dengan berkurangnya saliva, bakteri di dalam mulut pun akan berkembangbiak dengan pesat dan mengakibatkan napas berbau.

Obat-obatan tersebut umumnya merupakan jenis obat yang digunakan untuk pengobatan terhadap gejala angina, obat penenang seperti phenothazines, serta beberapa kandungan kimia yang terdapat di dalam perawatan kemoterapi. Selain itu, konsumsi suplemen vitamin dalam dosis yang besar pun bisa menyebabkan napas berbau.

Tapi, bau mulut tidak bisa dianggap remeh lho, B’Timers. Karena bisa jadi Anda memiliki napas berbau bukan karena masalah hygience, tapi lebih condong pada gejala beberapa penyakit kronis. Contohnya seperti penyakit Ketoacidosis, yaitu terjadinya penumpukan zat keton di dalam tubuh sehingga mengakibatkan keracunan. 

Bau Mulut? Ini Penyebab dan Cara Alami Atasinya | Breaktime
Cara gampang atasi bau mulut? Sikat gigi!

Apabila bau mulut Anda memiliki aroma seperti aroma urine, bisa jadi hal tersebut menandakan adanya penyakit gagal ginjal akut dimana urine yang harusnya dikeluarkan dari tubuh terserap kembali dan diedarkan melalui aliran darah.

Jika Anda curiga Anda mengalami gejala penyakit serius di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter! Sedangkan jika penyebab dari bau mulut Anda lebih sederhana, Anda bisa menyeduh secangkir teh hijau dan mengkonsumsi 1-3 cangkir teh hijau setiap harinya. Kandungan phytochemicals di dalam teh hijau memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu mengeliminasi bakteri penyebab bau mulut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Efek Buruk Rambut Sering Terkena Panas Hairdryer

Menyantap lalapan daun kemangi mentah juga bisa membantu menghilangkan bau mulut, lho. Sama seperti teh hijau, daun kemangi memiliki zat klorofil yang berperan sebagai anti-bakteri yang dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri pembusuk makanan yang ada di dalam mulut. Atau, Anda juga bisa mencoba campuran antara sari lemon dan yoghurt. Caranya, campurkan 1 sdt sari lemon dengan 1-2 sdm yoghurt rasa plain.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sembuhkan Depresi dan Anxiety Dengan Art Therapy

Dengan menggunakan jari atau sikat gigi aplikasikan adonan yoghurt lemon tersebut pada gigi Anda. Diamkan selama kurang lebih 5-7 menit sebelum bilas bersih mulut Anda. Lemon dikenal ampuh untuk membunuh dan mengusir bakteri, sedangkan yoghurt dapat membantu menyeimbangkan kembali jumlah bakteri-bakteri baik di dalam mulut.

Dan trik menghilangkan bau mulut tidak sedap yang paling sederhana adalah, gosok gigi Anda secara teratur, B’Timers. Selamat mencoba. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE