Bahaya Steriod yang Berlebihan Pada Tubuh | Breaktime
Bahaya Steriod yang Berlebihan Pada Tubuh
14.11.2016

Bagi pria yang ingin memiliki tubuh yang sangat kekar karena ingin menjadi seorang atlet atau ingin menjadi atlet lari dengan kecepatan lari yang sangat luar biasa, mengkonsumsi anabolik steroid adalah suatu kewajiban. Bahkan meski para atlet tersebut sangat tahu apa saja yang akan terjadi jika terus memakaikan anabolik steroids pada tubuh mereka. Perlu diketahui memakai steroid untuk membesarkan masa otot merupakan tindakan merusak tubuh sendiri. Untuk para atlet di luar sana inilah bahaya steroid untuk tubuh.

  • Gangguan produksi hormon

Tubuh sudah memiliki sistem kerja sendiri dalam memproduksi hormon. Tubuh sudah memiliki ukuran sendiri harus memproduksi seberapa banyak hormon sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri. Jika kemudian Anda memasukkan zat hormon ke dalam tubuh Anda hal ini sama saja secara otomatis Anda memerintahkan tubuh Anda untuk berhenti memproduksi hormon alami yang dibutuhkan di dalam tubuh dan bergantung pada zat hormon yang Anda masukkan dalam bentuk obat. Tubuh akan secara otomatis akan berhenti memproduksi hormon secara alami karena tubuh ingin menyeimbangkan kadar hormone. Hal ini bisa dihentikan jika Anda memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi zat hormone tambahan. Dengan berhenti menggunakan steroid dalam bentuk obat, steroid alami dalam tubuh Anda akan kembali diproduksi dan tidak akan membahayakan atau merusak tubuh Anda.

  • Gangguan liver atau hati

Efek samping yang paling berbahaya dari penggunaan steroid adalah gangguan pada hati atau liver. Steroid yang Anda konsumsi melalui bentuk obat minum tentu harus diproses melalui hati terlebih dahulu dan diuraikan dengan enzim yang ada pada liver atau hati tersebut yang akan diteruskan ke aliran darah, Karena steroid susah untuk dicerna liver maka tidak heran jika pada akhirnya Anda memiliki gangguan hati atau liver. Dengan konsumsi steroid berlebih dan tidak sesuai aturan akan membuat liver atau hati Anda bisa berhenti berfungsi kapan saja.

Bahaya Steriod yang Berlebihan Pada Tubuh | Breaktime
Salah satu bahaya steroid untuk tubuh
  • Pertumbuhan payudara pada pria

Dengan menambahkan steroid pada tubuh pada pria tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan seorang pria memiliki payudara layaknya wanita Tanda pertumbuhan pria yang memakai steroid adalah rasa gatal dan diikuti rasa sakit di area putting. Jika diteruskan tentu pria tersebut akan memiliki payudara, namun biasanya seorang atlet memilih terus menggunakan steroid pada tubuh mereka dan mengambil jalan operasi untuk menyembuhkan payudara mereka yang tumbuh.

  • Banyak Jerawat

Steroid yang berlebihan di dalam tubuh tentu akan menyebabkan banyak sekali jerawat bermunculan. Untuk menghindari ini lebih baik Anda rajin membersihkan kulit karena kadar minyak yang meningkat seiring bertambahnya hormone pada tubuh Anda, selain itu memakai salep anti androgen juga bisa sangat membantu.

  • Emosi labil

Dengan memakai steroid Anda akan memiliki emosi yang tidak stabil dimana Anda akan menjadi orang yang lebih agresif. Hal ini memang sangat dibutuhkan para atlet untuk menentukan kemenangan dalam bidang yang digelutinya. Dengan meningkatnya emosi atau dengan menjadi lebih agresif hal ini akan membuat atlet lebih bersemangat dan tidak kenal takut.

Dengan memakai steroid dan membuat steroid dalam tubuh tidak dalam jumlah yang seharusnya serta menghentikan hormon asli diproduksi dalam tubuh tentu lama kelamaan akan mengakibatkan efek jangka panjang dan membahayakan kesehatan. Meski dampak-dampak di atas awalnya bersifat sementara dan bisa diakhiri jika Anda berhenti memakai steroid namun tidak menutup kemungkinan bahaya steroid untuk tubuh Anda bisa menjadi permanen. (naf)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE