Bahaya, Sering Kantuk di Siang Hari Bisa Ancam Kesehatan
Bahaya, Sering Kantuk di Siang Hari Bisa Ancam Kesehatan
19.01.2016

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah ada bahaya kantuk di siang hari? Kantuk di siang hari seringkali dianggap wajar sebagai akibat kelelahan biasa saat beraktivitas. Mengantuk di siang hari adalah hal yang lumrah seperti kita perlu tidur dan istirahat di siang hari.

Padahal, sering lelah dan kantuk di siang hari ternyata juga merupakan tanda-tanda Anda mengidap penyakit serius lho, B’timers! Berikut 5 penyakit yang mungkin Anda derita jika Anda sering merasa lelah di siang hari.

Anemia

Anemia atau kurang darah akibat kurang vitamin dan zat besi
Anemia atau kurang darah akibat kurang vitamin dan zat besi

Sering merasa lelah dan kantuk di siang hari bisa jadi adalah tanda bahwa Anda menderita anemia. Kelelahan yang disebabkan oleh anemia adalah karena kurangnya sel darah merah yang berguna membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel. Anda mungkin merasa lemah dan sesak napas. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin atau zat besi, kehilangan darah, perdarahan internal, atau penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis, bahkan kanker dan gagal ginjal.

Gejala thyroid

Salah satu gejala tiroid adalah kelelahan dan mudah haus
Salah satu gejala tiroid adalah kelelahan dan mudah haus

Gejala thyroid dibagi menjadi dua yaitu hyperthyroid yang disebabkan karena kelebihan hormon tiroid dan hypothyroid karena kekurangan hormon tiroid. Kelebihan hormone tiroid menyebabkan kelelahan otot sehingga latihan kardio seperti naik sepeda atau naik tangga menjadi lebih sulit. Gejala lain termasuk penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, perasaan hangat sepanjang waktu, peningkatan denyut jantung, siklus menstruasi yang lebih pendek dan mudah haus.

Sedangkan kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan nyeri otot dan mudah kelelahan, sulit berkonsentrasi, kenaikan berat badan karena retensi air, selalu kedinginan bahkan dalam cuaca yang lebih hangat, siklus menstruasi terlampau lancar dan sembelit.

Diabetes

Bahaya kantuk di siang hari lainnya adalah kemungkinan Anda terserang diabetes. Lebih dari satu juta orang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 setiap tahun. Namun, diduga lebih banyak lagi orang yang terjangkit diabetes tetapi tidak menyadarinya. Gula, juga disebut glukosa, adalah bahan bakar yang membuat tubuh Anda bekerja. Orang yang menderita diabetes ditandai dengan sering terlihat kelelahan, kata Christopher D. Saudek, MD, profesor kedokteran dan direktur program untuk Public Clinical Research Center di Johns Hopkins University School of Medicine.

Pusing kronis

Penderita CFS mudah lelah meski beraktivitas ringan
Penderita CFS mudah lelah meski beraktivitas ringan

Pusing kronis merupakan rasa pusing yang kuat dan datang dengan cepat. Orang yang menderita CFS (Chronic Fatigue Syndrome)  merasa terlalu lelah untuk melanjutkan kegiatan normal mereka dan mudah lelah meski melakukan aktivitas ringan.

Sleep apnea

Sleep Apnea adalah gangguan atau kelainan  saat tidur yang membuat Anda sulit bernapas. Kondisi ini bisa menjadi penyakit serius terutama jika tidak diobati karena bisa menyebabkan Anda berhenti bernapas sama sekali.

Sebaiknya Anda harus mulai waspada jika Anda merasakan hal yang sama, B’timers. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu karena kelelahan yang Anda anggap wajar. Jika Anda merasa artikel tentang bahaya kantuk di siang hari ini bermanfaat, bagikan pada rekan, sahabat dan keluarga Anda ya, B’timers! (nap) 

Share This Article