Bagaimana sih, Usir Stres dari Tempat Kerja? | Breaktime
Bagaimana sih, Usir Stres dari Tempat Kerja?
09.03.2016

Kita semua tahu bagaimaa rasanya stres itu. Ketika atasan memanggil Anda untuk ke ruangannya, tubuh akan memanas, jantung akan berdetak tak karuan, dan perut akan terasa mulas. Anda sering mengalami hal itu, B’timers? Dan tadi sebenarnya hanya contoh respon yang dialami tubuh terhadap apa yang Anda sebut stres.

Biasanya stres dapat berdampak pada kinerja seseorang. Selain itu dapat memiliki efek yang cukup merusak, lho, B’timers, termasuk depresi, kecemasan, insomnia hingga darah tinggi. Dan stres kronis di tempat kerja mempengaruhi setidaknya 7 persen orang Amerika. Biasanya disebabkan oleh peningkatan beban kerja dan kompensasi yang tidak memadai. Yuk, ikuti tips sederhana untuk mengusir stres selamanya dari tempat kerja, B’timers!

1.Latihan meditasi

Sudah sejak lama kita mengetahui keuntungan dari latihan ini. Ya, meditasi memang mendatangkan rasa damai di dalam diri, sehingga memungkinkan kita melatih pikiran untuk mengendalikan emosi dan pikiran yang muncul. Lakukan meditasi secara rutin, setidaknya 10 menit sehari, B’timers. Hal ini bisa membantu Anda merasa tenang dalam menghadapi stres pekerjaan.

Bagaimana sih, Usir Stres dari Tempat Kerja? | Breaktime
Lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran

2.Longgarkan cengkeraman

Apa maksudnya ini? Tapi coba perhatikan tangan Anda ketika duduk di meja, terutama ketika memegang sesuatu, seperti pena, secangkir kopi. Jika Anda menemukan cengkramannya sangat kuat, atau bahu terasa tegang, coba untuk melonggarkan pegangan Anda, B’timers. Atur napas juga dapat membantu. Luangkan waktu sejenak untuk rileks.

3.Berpikir sebelum berbicara

Stres sering kali dapat menyebabkan perasaan bersalah dan menyalahkan. Dan dengan latihan ini dapat membantu memperhalus bahasa yang Anda gunakan. Coba tuliskan kesalahan yang dilakukan rekan sekantor sehingga membuat Anda stres. Dan sebelum Anda menyalahkan orang lain, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang lebih sopan.

Bagaimana sih, Usir Stres dari Tempat Kerja? | Breaktime
Pertengkaran dengan rekan kantor bisa menyebabkan stres

4.Tetapkan niat

Ketika Anda memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, biasanya akan merasa kewalahan. Nah, inilah saatnya untuk mulai menetapkan niat setiap sebelum berangkat ke kantor. Latihan ini akan membantu Anda untuk tetap fokus dan tenang. Dan usahakan setiap kali ada hal yang membuat Anda merasa stres, pikirkan kembali mengenai niat yang dibuat.

5.Berempatilah

Kemampuan untuk berkomunikasi ramah dengan rekan kerja sangat penting untuk menyelesaikan suatu masalah. Pertama Anda bisa duduk dengan mata tertutup atau menurunkan pandangan dan mulai menanamkan rasa cinta kepada diri sendiri terlebih dahulu. Selalu ingatkan diri Anda untuk berempati pada setiap orang di kantor.

Bagaimana sih, Usir Stres dari Tempat Kerja? | Breaktime
Rangkul rekan kerja dengan ramah

Jika cara-cara tersebut tidak membantu Anda, mungkin ada baiknya jika Anda mencoba akupuntur kuno untuk membantu mengatasi stres yang mengganggu hari-hari Anda di kantor, B’timers. (NO)

Share This Article