Obat Sakit Gigi Picu Asam Lambung! Lalu Apa Solusinya? | Breaktime
Bagaimana Cara Tepat Atasi Sakit Gigi?
13.08.2015
Kadang, mengonsumsi obat sakit gigi malah membuat asam lambung naik. Bagaimana solusinya?







Jezi Riska Arifin (24), Sidoarjo

Pertama-tama yang harus diketahui adalah apakah penyebab sakit gigi Anda? Yang saya anjurkan adalah Anda segera pergi berkonsultasi ke dokter gigi untuk menyelesaikan problem pada gigi Anda. Jangan meremehkan sakit gigi jika hal itu sering terjadi.
Mengenai obat yang Anda konsumsi, obat-obat tersebut adalah golongan obat NSAID (Non-steroidal Anti Infammatory Drugs) yang memang merupakan jenis obat pereda nyeri dan penurun panas. Namun efek samping penggunaan NSAID non-selektif ini salah satunya memang menimbulkan luka lambung, maka dari itu Anda sering merasa sakit perut.

Berapa dosis yang Anda gunakan dalam sehari? Sudah berapa lama Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut?

Bagi penderita yang mengalami keluhan serupa atau pernah menderita gastritis (sakit maag/ sakit lambung), biasanya dokter akan memberikan kombinasi NSAID dan obat-obatan untuk menetralkan asam lambung seperti antasida atau jenis lain sesuai kebutuhan pasien. Dan yang paling penting jangan mengonsumsi obat jenis ini saat lambung Anda kosong. Disarankan juga untuk mengkonsumsi banyak air putih.

Baca Juga : BENARKAH BAWANG PUTIH BISA ATASI SAKIT GIGI?

Selain berpengaruh pada lambung, NSAID non selektif juga memiliki efek samping yang lain misalnya gangguan pembekuan darah, efek samping pada ginjal, hati, dan sistem saraf pusat (misal pusing dll). Maka dari itu, minumlah obat-obatan sesuai dengan dosis dan ajuran dokter.

Jangan sepelekan sakit gigi, segeralah berkonsultasi ke dokter
Jangan sepelekan sakit gigi, segeralah berkonsultasi ke dokter

Jadi, yang saya sarankan untuk Jezi adalah konsultasikan masalah gigi Anda pada dokter gigi sehingga Anda tidak perlu lagi meminum obat-obatan pereda nyeri yang kurang aman bagi lambung. Jika Anda masih mengalami sakit perut atau merasakan gejala-gejala lain, segeralah berkonsultasi ke dokter terdekat agar diberikan obat yang sesuai. Semoga membantu!

Share This Article