Bagaimana Cara Hilangkan Komedo yang Tepat? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Bagaimana Cara Hilangkan Komedo yang Tepat?
19.11.2015
“Bagaimana caranya menghilangkan bekas jerawat dan komedo pada wajah?”
Indriyanti Putri (17), Serang

Komedo merupakan sumbatan sel kulit keratin dan minyak pada pori pori kulit. Komedo dapat komedo terbuka (blackhead comedo) atau komedo tertutup (whitehead comedo). Sumbatan yang lama dapat menyebabkan terjadinya jerawat atau acne. Komedo dapat dihilangkan dengan obat-obatan agen penghilang komedo dengan obat oles seperti golongan benzoil peroksida dan tretinoin sehingga mencegah terjadinya jerawat.

Penghilangan komedo dengan facial tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan terjadinya infeksi karena dikhawatirkan alat-alatnya yang tidak steril, selain itu pada beberapa orang yang berbakat untuk mengalami lubang, pemencetan dapat menyebabkan bekas bopeng dan kerusakan jaringan kulit.

Bagaimana Cara Hilangkan Komedo yang Tepat? | Breaktime
Jerawat yang menggangu penampilan bisa dihilangkan dengan treatment yang tepat

Jerawat atau acne vulgaris dapat menyebabkan bekas. Bekas tersebut dpt terbagi menjadi dua, bekas noda jerawat dan bekas lubang jerawat/bopeng. Bekas  jerawat memerlukan waktu yang tidak singkat memerlukan waktu sekitar 6-12 bulan. Bekas noda jerawat disebabkan adanya proses pembengkakan sehingga sel-sel kulit menghasilkan pigmen melanin( pigmen yang mempergelap warna kulit). Bekas noda jerawat ini dapat dihilangkan atau dipudarkan perlahan dengan menggunakan beberapa kombinasi yaitu dengan obat oles yang mengandung Tretinoin cream + chemical peeling pada dermatologist/spesialis kulit, dan terapi laser.

Noda bekas jerawat ini dapat semakin parah jika terkena paparan sinar matahari dan beberapa obat-obatan tertentu seperti antibiotik tetracyclin, obat-obatan malaria, dan bleomycin. Untuk aktivitas harian untuk mencegah semakin parah sebaiknya gunakan Sunblock SPF 15 atau 30. Sedangkan bekas lubang lubang jerawat dapat dikurangi perlahan dan memerlukan waktu, dengan cara mikrodermabrasi, cross TCA, subsisi, microneedling, microneedling + PRP( platelet rich plasma), dan laser. Semua terapi tersebut memerlukan pemeriksaan lebih lanjut ke dermatologist untuk ditentukan kedalamannya, jenis lubang dan seberapa parah lubang2 bekas jerawat.

Share This Article