Jangan Remehkan Tidur Berkualitas untuk Hidup Sehat | Breaktime
Bagaimana cara atasi susah tidur?
03.08.2015
Bagaimanakah caranya agar saya dapat cepat tidur di malam hari, agar bisa bangun pagi-pagi, Dok ?





Eko Susanto, Palu

Sebetulnya ada beberapa hal yang perlu Eko jelaskan lebih lanjut, seperti sudah berapa lama Anda mengalami kesulitan tidur? Apakah Anda sering terbangun saat tidur dan  apakah Anda mengalami insomnia?

Insomnia adalah kesulitan memulai tidur atau mempertahankan tidur yang berlangsung setidaknya satu bulan. Nah, insomnia ini biasanya menyebabkan gangguan signifikan atau gangguan fungsi individu (DSM IV).

Dalam mengatasi masalah gangguan tidur, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebabnya. Tapi kalau dilihat secara umum, biasanya hal-hal berikut ini menjadi pemicu gangguan tidur: kebiasaan/pola hidup tertentu, aktivitas sebelum tidur, keadaan psikologis seseorang (misal stres, sedih berlebihan, dan banyak pikiran yang mengakibatkan depresi), efek samping obat-obatan yang sedang dikonsumsi, serta penyakit (misal diabetes, penyakit jantung, paru-paru, nyeri yang hebat, dll).

Beberapa hal berikut ini bisa coba Anda lakukan untuk mengatasi gangguan tidur di malam hari:

  • Jangan tidur di siang hari meskipun Anda mengantuk. Terlalu banyak tidur di siang hari membuat Anda sulit tidur pada malam harinya.
  • Jangan makan terlalu banyak beberapa saat sebelum tidur. Kondisi lambung yang penuh akan menyebabkan rasa tidak enak dan memicu gangguan tidur.
  • Jangan mengkonsumsi kafein sebelum tidur (kopi,teh,dll).
  • Jangan menonton film yang menegangkan atau melakukan hal-hal lain yang membuat tegang sebelum tidur.
Cobalah berdoa dan menenangkan diri sebelum tidur bisa
Cobalah berdoa dan menenangkan diri sebelum tidur bisa
  • Hilangkan segala beban pikiran, perasaan cemas, dan stres (dapat dilakukan dengan mengambil saat tenang sebelum tidur dan berdoa menurut kepercayaan).
  • Jika Anda menderita penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan tidur, konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan obat.
  • Jika memungkinkan, lakukan pekerjaan Anda pada pagi dan siang hari. Pergeseran waktu kerja di malam hari dapat menyebabkan sulit tidur.
  • Lakukan olahraga ringan setiap hari secara teratur (jangan lakukan sebelum tidur),
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Apabila sudah melakukan hal-hal tersebut dan Eko masih sulit tidur, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter ahli. Semoga bermanfaat.

Share This Article