Bagaimana Atasi Sakit Kepala Hebat saat Haid? | Breaktime
Bagaimana Atasi Sakit Kepala Hebat saat Haid?
23.08.2015
4. Selamat Siang, Dok! Saya mau bertanya, bagaimana cara mengurangi sakit kepala yang sangat hebat pada saat haid? apakah berhubungan dengan pola makan yang tidak dijaga? dan apa saja pantangan makanan pada saat haid? Perlukah mengkonsumsi obat-oobat traditional seperti untuk melancarkan/pembersihan haid pada saat haid? terima kasih





Jenny Suryanto (24), Malang

Selamat siang, bagaimana sakit kepala yang Jenny rasakan?

Para wanita umumnya mengalami menstrual migraine saat haid. Sakit kepala yang dirasakan biasanya berulang, kadang bisa berupa sakit kepala sebelah saja, terkadang nyerinya berpindah, atau bahkan dua sisi sekaligus. Biasanya dapat disertai mual, muntah, gangguan pandangan, dan sensitif terhadap suara dan cahaya.

Pusing saat haid disebabkan perubahan hormon
Pusing saat haid disebabkan perubahan hormon

Menstrual migraine ini bisa disebut juga dengan sakit kepala hormonal karena dipicu oleh perubahan hormon pada tubuh wanita. Memang terdapat hubungan antara kadar esterogen dengan sakit kepala yang dialami wanita. Jadi saat menstruasi, kadar esterogen berada pada titik yang rendah. Sebenarnya hormon bukan merupakan menyebab langsung dari sakit kepala ini, namun kadar esterogen yang rendah ini akan semakin memperberat sakit kepala yang dialami, dan manifestasi nya semakin dirasakan.

Cara-cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir serangan antara lain:

1. Hindari stres terutama saat masa-masa ini. Relaksasi yang cukup sangat dibutuhkan.
2. Lakukan olahraga teratur. Pilih olahraga yang sekaligus dapat merelaksasi, misalnya yoga.
3. Hindari mengonsumsi minuman dingin dan berkafein (teh & kopi), atau minuman beralkohol.
4. Konsumsi makanan sehat dan seimbang, perbanyak buah sayur. Hindari makanan ber-MSG.
5. Tidur cukup.
6. Jangan lewatkan waktu makan karena dapat memicu timbulnya sakit kepala. Asupan makanan harus dijaga agar tetap seimbang (jaga kadar gula darah agar stabil).
7. Tekanan darah tinggi juga dapat memicu sakit kepala. Jadi, konsumsilah obat darah tinggi jika Anda memiliki tekanan darah tinggi sesuai petunjuk dokter.
8. Jagalah agar berat badan Anda ideal.

Semoga bermanfaat.

Share This Article