Ayo Puasa! Ada 4 Manfaat Mengejutkan Puasa dari Sisi Medis, Lho! | Breaktime
Ayo Puasa! Ada 4 Manfaat Mengejutkan Puasa dari Sisi Medis, Lho!
27.06.2015

Ketika puasa, tak dipungkiri tubuh akan menjadi lebih lemas dibandingkan sebelumnya. Namun, setelah beberapa hari menjalaninya Anda akan merasakan perbedaan yang jauh lebih positif pada kesehatan tubuh. Sebenarnya, apa saja sih, manfaat yang diberikan puasa pada tubuh B’timers ditinjau dari segi medis?

Membakar lemak

Dr. Razeen Mahroof, seorang ahli anestesi dari Oxford mengatakan bahwa ada hubungan kuat antara diet dan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa. Gula darah yang tersimpan dalam liver dan otot umumnya akan dibongkar menjadi sumber energi tubuh.
Bila jumlah gula darah telah habis, tubuh akan membongkar lemak sehingga tubuh akan jadi lebih slim, dengan catatan B’timers tidak “balas dendam” saat buka puasa.

Mengusir racun dalam tubuh

Menurut Dr. Mahroof, proses detoksifikasi dalam tubuh juga terjadi selama bulan Ramadan. Ini terjadi karena berbagai racun yang tersimpan dalam lemak tubuh akan dilarutkan dan dihilangkan.

Menyehatkan jantung

Puasa Ramadan efektif sehatkan jantung
Puasa Ramadan efektif sehatkan jantung

Prof. Dr. Rachman Ardan, drg., MS., Sp.Pros menuturkan bahwa puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah karena mampu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, puasa juga berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol melatonin, dan glisemia.

Menenangkan psikologi

Aturan puasa yang mengharuskan Anda agar lebih dapat menahan amarah ternyata juga menjadikan keadaan psikologi tubuh lebih tenang. Dalam keadaan normal, seseorang yang marah dapat mengalami peningkatan adrenalin sebesar 20 hingga 30 kali lipat sehingga mempersempit kontraksi otot empedu dan pembuluh darah perifer.

Namun, ketika berpuasa adrenalin tidak akan meningkat terlalu banyak sehingga pembuluh darah lebih terbuka dan aliran darah ke otak pun menjadi lebih lancar dari biasanya.

Ternyata ada banyak manfaat positif puasa bulan Ramadan pada tubuh, bukan? Nah, mulai sekarang tetaplah bersemangat untuk menyelesaikan puasa hingga sebulan penuh bagi B’timers yang menjalankannya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Share This Article