Awas, Ukuran Bra yang Salah Dapat Sebabkan Masalah Serius! | Breaktime
Awas, Ukuran Bra yang Salah Dapat Sebabkan Masalah Serius!
08.09.2015

Bra adalah salah satu pakaian wajib wanita untuk membuat payudara tampak lebih indah. Sayangnya, tak sedikit wanita yang salah menentukan ukuran bra yang harus dipakainya. Padahal, jika dibiarkan efeknya sangat buruk bagi kesehatan, seperti berikut ini:

Sakit kepala

Mulai saat ini, perhatikan penggunaan bra, apakah menyebabkan sakit kepala atau tidak? Bra yang terlalu sempit atau ketat akan menyebabkan tekanan pada punggung leher dan bahu. Akibatnya sakit kepala pun muncul.

Jaringan parut

Terus menerus mengenakan bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan jaringan parut. Awalnya tak terlihat memang, tapi jika dibiarkan jaringan parut akan tampak jelas dan merusak keindahan payudara Anda.

Payudara kendor

Sebuah penelitian di Inggris, menemukan bahwa ukuran bra yang salah akan menyebabkan ligament meregang. Akibatnya, payudara akan kendor dan kehilangan kekencangannya.

Sakit punggung

Bra yang terlalu besar akan menyebabkan beban payudara ditanggung sendiri oleh punggung. Akibatnya, Anda akan mengalami sakit punggung, terutama jika Anda berpayudara besar.

Gangguan pencernaan

Terdengar tak saling berhubungan memang. Tapi, ukuran bra yang salah akan menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit perut. Masalah ini terjadi akibat bra yang terlalu menekan tulang rusuk dan perut bagian atas.

Penyumbatan kelenjar getah bening

Pembuluh limfatik dan kelenjar getah bening yang terdapat di payudara sangatlah tipis. Ketika mendapatkan tekanan konstan dari bra yang ketat, pembuluh limfatik dan katup getah bening akan tertutup serta menimbulkan masalah kesehatan serius.

Sangat banyak bukan masalah kesehatan yang disebabkan ukuran bra yang tidak tepat? Untuk itu, biasakan mengukur dengan tepat sebelum membeli bra. Berikut caranya:

  • Ukur lingkar dada.

Anda pasti tak asing dengan pita pengukur yang biasanya digunakan penjahit. Lingkarkan pita pengukur di bawah payudara Anda dan lihat angkanya dalam inchi. Jika hasilnya angka ganjil, misal 33, Anda bisa mengambil bra dengan ukuran 32 atau 34 sesuai ukuran tubuh Anda. sedangkan jika hasilnya genap, misalnya 34, umumnya ukuran dengan nomor sama sangat pas Anda gunakan.

Cara mengukur lingkar dada dan payudara
Cara mengukur lingkar dada dan payudara
  • Ukur lingkar payudara

Gunakan pita pengukur melingkar di payudara Anda. Jangan terlalu ketat maupun terlalu kendor agar ukuran benar-benar pas. Selain itu, pastikan lingkaran pita pengukur lurus agar tidak terjadi kesalahan pengukuran. Sebaiknya minta bantuan teman atau saudara untuk mengukurnya.

  • Tentukan ukuran cup

Untuk menentukan ukuran ukuran cup, Anda hanya perlu mengurangi lingkar payudara dengan lingkar dada, kemudian bandingkan dengan ukuran berikut.

Kurang dari 1 inc (2.5 cm) = AA
1 inch (2.5 cm) = A
2 inch (5 cm) = B
3 inch (7.5 cm) = C
4 inch (10 cm) = D
5 inch (12.5 cm) = DD
6 inch (15 cm) = DDD/E
7 inch (18 cm) = DDDD/F
8 inch (20.5 cm) = G/H/FF
9 inch (23 cm) = I/J/G
10 inch (25.5 cm) = J/GG

Jadi, misalnya lingkar payudara Anda 36 dan lingkar dada Anda 34, Anda membutuhkan bra dengan ukuran 34 B.

Yuk, jaga keindahan payudara dengan ukuran bra yang tepat!

Share This Article