Awas, Terlalu Banyak Tidur Merusak Otak! | Breaktime
Awas, Terlalu Banyak Tidur Merusak Otak!
25.10.2015

Kurang tidur memang tak baik untuk kesehatan, namun tahukah B’timers bahwa terlalu banyak tidur juga bisa berakibat negatif? Ya, normalnya waktu tidur orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam sehari, untuk menjaga fungsi tubuh agar tetap bekerja dengan baik. Jika Anda tidur lebih lama dari itu, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa Anda mengalami kondisi medis tertentu.

Selain itu, terlalu banyak tidur juga bisa meningkatkan resiko bagi kesehatan Anda. Inilah dampak negatif jika Anda tidur terlalu lama dalam satu hari:

Bisa meningkatkan resiko depresi

Menurut sebuah studi pada tahun 2014, durasi tidur yang terlalu lama dapat meningkatkan resiko gejala depresi pada seseorang. Jika Anda tidur lebih dari sembilan jam sehari, resiko depresi cenderung meningkat.

Merusak otak

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa pada wanita lansia, tidur terlalu lama justru dapat memperburuk fungsi otak. Wanita yang tidur lebih dari sembilan jam atau kurang dari lima jam setiap malam dapat mempercepat penuaan otak hingga dua tahun.

Membuat sulit hamil

Berdasarkan sebuah penelitian di Korea tahun 2013, tingkat kehamilan paling tinggi dialami wanita yang tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Sedangkan, angka kehamilan terendah terjadi pada wanita yang tidur lebih selama sembilan sampai sebelas jam setiap malam.

Awas, Terlalu Banyak Tidur Merusak Otak! | Breaktime
Tidur terlalu lama juga bisa berakibat buruk untuk kesehatan

Meningkatkan resiko diabetes

Sebuah studi kecil di Quebec membuktikan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam sehari, cenderung lebih beresiko terkena diabetes tipe 2, jika dibandingkan dengan orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam setiap malam.

Bisa menaikkan berat badan

Orang yang kurang tidur atau tidur terlalu lama cenderung lebih mudah mengalami peningkatan berat badan, daripada orang yang tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Jika Anda tidur selama sembilan hingga sepuluh jam setiap malam, maka Anda lebih cenderung mengalami resiko berat badan naik hingga 5 kilogram.

Buruk untuk jantung

Berdasarkan penelitian yang diulas dalam meeting di American College of Cardiology tahun 2012, tidur lebih dari delapan jam setiap malam sangat terkait dengan resiko gangguan pada jantung. Orang yang biasa tidur terlalu lama akan mengalami peningkatan resiko penyakit arteri coroner.

Itulah dampak buruk tidur yang berlebihan untuk kesehatan. Jadi, jangan merasa aman dulu jika Anda tidak kurang tidur, sebab jika Anda tidur terlalu banyak, itu juga tidak baik bagi kesehatan. Nah, ubah kebiasaan tidur B’timers menjadi tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat, ya.

Share This Article