Awas, Membunyikan Persendian Bisa Bikin Tubuh Kaku | Breaktime
Awas, Membunyikan Persendian Bisa Bikin Tubuh Kaku
18.05.2015

Ketika B’timers merasa kecapekan atau sedang bosan dengan setumpuk pekerjaan, membunyikan sendi-sendi di jemari tangan atau leher sejenak akan mengusir kebosanan dan terasa melegakan. Namun tahukah Anda bila terlalu sering dilakukan, kegiatan ini bisa membahayakan?

Menurut Brian, M.D dari University of California, Amerika, kegiatan membunyikan sendi-sendi ini beresiko mengakibatkan urat syaraf terjepit. Efek yang ditimbulkan pun bisa bermacam-macam, tergantung jaringan saraf tersebut menuju ke mana. 

Pada kasus yang parah, seseorang yang keseringan membunyikan persendian ini akan mengalami beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Gerak anggota tubuh menjadi kaku seperti robot
  • Rasa nyeri pada persendian
  • Sendi membesar
  • Tangan atau leher menjadi lemah
Lemaskan persendian dengan gerakan yang benar
Lemaskan persendian dengan gerakan yang benar

Saat menarik jari, ruang sendi akan membesar dan tekanan dalam ruang sendi makin menurun. Ketika tekanan menurun, maka muncullah gelembung CO2. Gas inilah yang menimbulkan bunyi letupan suara pertama.

Selain itu, aktivitas ini juga mengakibatkan hilangnya energi sebanyak 7%. Bila kegiatan ini terus berlangsung, maka akumulasi energi yang hilang dapat menimbulkan kerusakan tulang yang serius. Kendati tak sampai membuat seseorang mengalami artritis, tapi keseringan membunyikan ibu jari akan membuat kekuatan tangan berkurang seperempat dari kekuatan normal.

Nah, adakah cara untuk mengusir rasa pegal tanpa harus membunyikan persendian? Tentu saja. Bila leher Anda terasa kaku, coba saja untuk melakukan neck side stretch. Gerakan ini dilakukan dengan cara duduk tegak, luruskan pandangan ke depan, kemudian gerakkan kepala ke kanan.

Dengan tangan kanan, tarik kepala ke arah kanan secara perlahan untuk bentu melenturkan otot-otot leher samping. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi hingga 3 kali. Lakukan hal yang sama ke arah kiri.

Bila Anda ingin melemaskan persendian jari-jemari, lakukan open and close hands. Dalam posisi tegak, tekuk kedua telapak tangan dan tahan selama beberapa detik. Kemudian, buka kembali kedua telapak tangan sambil berdiri melemaskan jemari dengan cara mengibas-ngibaskannya sejauh mungkin.

Masihkah B’timers tertarik untuk melemaskan anggota tubuh dengan cara lama yang berbahaya? Yuk, ganti dengan teknik baru yang aman bagi kesehatan!

Share This Article