Awas, Malas Gosok Gigi Picu 5 Penyakit Super Mengerikan | Breaktime
Awas, Malas Gosok Gigi Picu 5 Penyakit Super Mengerikan
13.10.2015

Sering merasa tak punya waktu untuk merawat gigi dan karenanya B’timers jadi sering absen melakukannya? Well, you’re not alone sebab banyak orang di dunia ini yang juga melakukan hal serupa. Masalah yang jamak muncul “paling-paling” adalah bau mulut tak sedap atau gigi berlubang.

Eits, tapi bagaimana kalau kebiasaan buruk ini bisa picu penyakit serius seperti demensia? Lho, kok bisa? Yuk, intip dulu penyakit serius apa saja yang bisa muncul bila B’timers malas gosok gigi atau melakukan perawatan gigi lainnya:

Demensia

Sebuah penelitian berkala yang dilakukan Annalia Pagannini-Hill, Ph.D  dari Department of Neurology, University of California pada sekelompok pensiunan di Laguna Hills mengungkap bahwa ada hubungan antara buruknya kesehatan gigi dan demensia. Penelitian ini dilakukan pada 5.468 orang selama 18 tahun dan mereka yang tak menggosok gigi rutin berisiko 22% hingga 65% terserang demensia, lho.

Pneumonia

Ketika bakteri patogen bersarang di mulut, udara yang Anda hirup menuju paru-paru juga berisiko terkena bakteri. Gomes-Filho IS dan sejumlah rekannya dari Department of Periondontics, Feira de Santana State University, Brazil melakukan studi pada 315 pasien rumah sakit. Hasilnya, mereka yang jarang memeriksakan giginya berisiko terkena periodentis (infeksi  gusi serius) yang mengakibatkan infeksi pernapasan dan memicu pneumonia.

Awas, Malas Gosok Gigi Picu 5 Penyakit Super Mengerikan | Breaktime
Gosok gigi rutin cegah mulut dari bakteri penyebab penyakit serius

Abses otak

Abses otak adalah kumpulan nanah yang terbungkus oleh suatu kapsul dalam jaringan otak yang disebabkan infeksi bakteri. Studi yang dilakukan oleh Rahamat-Langendoen JC dari Department of Microbiology, Belanda mengungkap bahwa kondisi gigi yang buruk bisa memicu penyakit abses otak. Setidaknya, ada 12 kasus tentang buruknya kesehatan gigi dengan kemunculan abses otak.

Diabetes

Kerusakan gigi yang parah juga bisa mengganggu ketahanan insulin sebab tubuh akan berusaha keras untuk mengatasi masalah peradangan. Konsekuensinya, gula darah dalam tubuh akan menjadi tak stabil dan hal ini memicu serangan penyakit diabetes.

Jantung

Banyak studi yang mengungkap bahwa ada hubungan antara penyakit gusi dan jantung karena keduanya sama-sama mengalami peradangan. Penyakit gusi terjadi akibat adanya tumpukan bakteri patogen yang dapat mengakibatkan ganguan serius pada jantung. Hal ini sebagaimana diungkapkan dalam studi Linda L. Humphrey, MD, MPH tahun 2008 dari Oregon Evidence-based Practice Center, Portlandia.

Idih, malas gosok gigi dan merawat kesehatan gigi ternyata bisa berujung sampai serunyam ini, ya! Oleh karena itu, sesibuk apapun, luangkan waktu untuk menggosok gigi secara rutin dan jangan lupa untuk pergi ke dokter memeriksakan kesehatan gigi Anda.

Share This Article