Awas, Kurang Nyenyak Tidur Sebabkan Obesitas! | Breaktime
Awas, Kurang Nyenyak Tidur Sebabkan Obesitas!
27.05.2015

Tidak hanya makanan saja yang dapat menyebabkan tubuh melar lo B’timers, pola hidup yang keliru juga sangat berdampak besar. Anda sadari atau tidak, pola hidup yang tidak sehat termasuk kebiasaan tidur dapat menyebabkan berat badan naik drastis. 

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Cholin Chapman dari Uppsala University Swedia, menghasilkan temuan yang cukup mengejutkan mengenai efek kurang tidur dan juga obesitas. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 14 koresponden pria dipilih dan diuji selama 2 hari. 

Di hari pertama, para pria ini tidak diperbolehkan tidur malam. Setelah itu, mereka diperbolehkan untuk sarapan dan diberi sejumlah uang untuk berbelanja makanan. Para peneliti sudah menyiapkan 40 jenis makanan, 20 di antaranya tinggi kalori dan sisanya rendah kalori. Di hari ke dua, keempat belas pria tersebut mengulangi hal yang sama. Bedanya, malam sebelumnya mereka telah tidur cukup selama 7 hingga 8 jam.

Dan hasilnya, saat kurang tidur, para pria tersebut cenderung lebih banyak membeli makanan yang tinggi kalori. Berat tubuh mereka pun naik 18% dibandingkan saat tidur cukup. 

Kualitas tidur mempengaruhi berat badan
Kualitas tidur mempengaruhi berat badan

Hal ini menunjukkan bahwa kualitas tidur seseorang sangat mempengaruhi berat badan yang dimiliki. Chapman menjelaskan bahwa ketika kurang tidur, tubuh secara otomatis akan memproduksi ghrelin, yaitu sebuah hormon yang akan membuat nafsu makan meningkat dengan drastis. Dan hal tersebut akan membuat tubuh merasakan kelaparan secara terus menerus meskipun sebelumnya telah makan. 

Selain, itu juga ternyata pola tidur yang tidak teratur juga dapat menyebabkan berat badan naik-turun dan menjadi tidak stabil. Tidur selama 7-8 jam akan membuat siklus metabolisme dalam tubuh menjadi lebih stabil. Dan bila sudah stabil, tentu saja tubuh akan mencerna berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan lebih baik.

Kalau sudah tahu faktanya, mulai sekarang kurangi begadang dan perbanyak istirahat ya, B’timers!

Share This Article