Awas, Kebiasaan Pipis di Kolam Renang Bisa Sebabkan Kematian | Breaktime
Awas, Kebiasaan Pipis di Kolam Renang Bisa Sebabkan Kematian
17.06.2015

Sedang asyik-asyiknya renang, tiba-tiba B’timers kebelet pipis? Padahal jarak antara kolam renang dan kamar mandi pun cukup jauh. Nah, dalam keadaaan seperti ini renang sambil pipis ternyata jadi pilihan sebagian orang yang malas jalan jauh-jauh. Namun, sehatkah kebiasaan pipis di kolam renang macam ini?

Salah seorang perenang Olympic, Michael Philips menuturkan bahwa urin akan menjadi bahaya ketika berinteraksi dengan senyawa kimia yang ada di kolam renang seperti chlorine. Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lushi Lian, Yue E, dan Ernest R. Blatchley dari China Agricultural University tahun 2014 lalu, ditemukan sesuatu yang menarik.

Kebelet pipis? Ke kamar mandi, yuk!
Kebelet pipis? Ke kamar mandi, yuk!

Asam urat dari urin manusia yang bercampur dengan chlorine dapat membentu dua zat dengan kadar racun sangat tinggi, yakni cyanogen chloride (CNCI) dan trichloramine (NCl3). CNCI termasuk agen senyawa kimia yang beracun pada paru-paru, jantung, dan beberapa sistem saraf pusat. Sementara itu, NCl3 juga dihubungkan dengan kerusakan paru-paru.

Dalam kasus terparah, pipis di kolam renang ternyata dapat memicu 30 ppb cyanogen chloride. Kondisi ini tentu dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang mengakibatkan koma, kejang, hingga kematian pada tingkat yang lebih tinggi.

Dalam penelitian Manolis Kogevinas, dkk di tahun 2010, yang diterbitkan dalam jurnal Environ Health Perspect , dibuktikan bahwa reaksi kimia antara air kencing dan chlorine dapat mengakibatkan kerusakan DNA. Hal ini memicu pertumbuhan sel kanker serta gangguan pernapasan para perenang yang beraktivitas di dalam kolam selama kurang lebih 40 menit, lho.

Waduh, bagaimana bila gara-gara kebiasaan jorok ini ternyata ada orang yang bisa meninggal dunia? Nah, mulai sekarang ada baiknya kapanpun bila B’timers merasa ingin buang air kecil, segeralah ke luar dari kolam dan mencari kamar mandi, ya!

Share This Article