Awas!! Inilah Dampak Berbahaya Kolesterol Tinggi | Breaktime
Awas, Inilah Bahayanya Kolesterol Bagi Kesehatan!
10.08.2015

Seperti yang kita tahu, makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Tubuh yang sehat berawal dari pola makan dan gaya hidup yang juga sehat. Nah, salah satu bahaya kesehatan yang mengintai tanpa B’timers sadari adalah kolesterol. Apa sebenarnya kolesterol itu? Mengapa bisa berakibat buruk untuk kesehatan?

Kolesterol adalah zat lilin yang terdapat pada lemak di dalam darah. Tubuh memang membutuhkan kolesterol untuk membentuk sel-sel baru yang sehat, namun kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi atau hypercholesterolemia juga bisa menurun, namun gaya hidup juga sangat berpengaruh.

Gejala kolesterol tinggi tidak dapat terlihat dengan sangat jelas
Gejala kolesterol tinggi tidak dapat terlihat dengan sangat jelas

Kolesterol tinggi memang tidak menunjukkan gejala yang terlihat jelas. Satu-satunya cara untuk mendeteksi tingkat kolesterol adalah dengan melakukan tes darah. Lalu, apa yang menyebabkan kolesterol menjadi tinggi? Berikut beberapa pemicu naiknya kolesterol:

  • Merokok – merokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan membuat lemak tertimbun di sana. Merokok juga dapat menurunkan tingkat HDL atau kolesterol “baik.”
  • Obesitas – Orang yang memiliki indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) sebesar 30 atau lebih, cenderung lebih beresiko mengalami kolesterol tinggi.
  • Diet yang buruk – Makanan yang banyak mengandung kolesterol, seperti daging merah dan produk olahan susu berlemak dapat meningkatkan kolesterol secara drastis.
  • Kurang olahraga – Berolahraga dapat membantu meningkatkan kolesterol “baik” sekaligus menurunkan kolesterol “jahat”.
  • Diabetes – Tingginya gula darah juga dapat menyebabkan tingginya kolesterol LDL yang “jahat” dan menurunkan tingkat kolesterol HDL yang “baik”.
Kebiasaan yang buruk juga memicu naiknya kolesterol
Kebiasaan yang buruk juga memicu naiknya kolesterol

Kolesterol tinggi juga bisa membawa dampak berbahaya bagi kesehatan B’timers, lho. Seperti berikut ini:

  • Nyeri dada – Jika arteri yang mengantarkan darah ke jantung terkena imbas kolesterol tinggi, bisa jadi Anda merasakan nyeri di bagian dada.
  • Serangan jantung – Jika plak robek atau pecah, akan terbentuk gumpalan darah di area tersebut, yang akhirnya menghalangi aliran darah. Jika aliran darah menuju jantung terhenti, maka Anda akan terkena serangan jantung.
  • Stroke – Seperti serangan jantung, jika aliran darah menuju otak terhalang oleh gumpalan darah, maka Anda akan mengalami stroke.

Terbayang bukan, betapa bahayanya kolesterol tinggi terhadap kesehatan? Karenanya, selalu perhatikan pola makan B’timers dan rutinlah berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Share This Article