Awas! Ini Bahaya Batu Ginjal pada Wanita | Breaktime
Awas! Ini Bahaya Batu Ginjal pada Wanita
24.11.2017

Proses persalinan adalah tindakan medis yang paling menyakitkan bagi wanita, there’s no doubt about it. Saat Anda melahirkan si kecil ke dunia, otot-otot di tubuh Anda menegang, bahkan Anda pun akan merasa seakan tulang-tulang di tubuh Anda akan rontok satu-persatu. Tapi ternyata selain persalinan, ada lagi satu jenis kondisi medis yang konon bahkan siksaan sakitnya menduduki peringkat kedua. Apalagi kalau bukan sakit batu ginjal pada wanita.

Memangnya, sakit batu ginjal pada wanita benar-benar ada? Unfortunately, yes. Penyakit batu ginjal bisa menyerang pria maupun wanita, terutama jika pola makan Anda meliputi makanan berkadar garam (sodium) atau makanan dan minuman manis dengan frekuensitas tinggi. Kandungan sodium tinggi dapat meningkatkan kadar kalsium oksalat di dalam darah, dan mengakibatkan terbentuknya kristal yang berpotensi mengakibatkan terbentuknya batu ginjal. Obesitas dan faktor keturunan juga berpotensi menjadi faktor penyebab dari batu ginjal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Coffee-holics, Ini Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

 Pembentukan batu ginjal merupakan efek dari akumulasi air seni yang terkristalisasi dan mengendap di dasar organ ginjal. Hal yang memicu terjadinya kristalisasi urine adalah adanya kandungan kalsium, oksalat, serta asam urat dalam kadar yang tinggi di dalam urine. Umumnya kristal tersebut akan larut dengan sendirinya dan ikut terbuang bersama dengan cairan urine, tapi ada kalanya, urine memiliki kandungan cairan yang terlalu sedikit. Akibatnya kristal tersebut tidak dapat dilarutkan dan akumulasi kristal yang mengendap tersebut akan mengeras dan berubah menjadi batu ginjal.

Batu ginjal yang berukuran kecil memang tidak akan menimbulkan rasa sakit bahkan ketika batu tersebut mengalir keluar dari ginjal dan melalui saluran kencing. Bahkan seringkali batu ginjal berhasil keluar dari tubuh tanpa mengakibatkan dampak apapun terhadap kesehatan. Tapi ketika batu ginjal tersebut berukuran besar, di situlah biasanya gejala sakit batu ginjal mulai terasa. Terlebih lagi, jika batu ginjal tersebut tersangkut di saluran ureter dan mengakibatkan aliran urine ke uretra terhambat. 

Awas! Ini Bahaya Batu Ginjal pada Wanita | Breaktime
kram perut termasuk gejala batu ginjal pada wanita

Apa saja gejalanya? Gejala yang paling dikenal adalah frekuensitas buang air kecil yang meningkat diikuti dengan rasa sakit yang teramat sangat saat Anda buang air kecil. Tidak jarang Anda juga mendapati darah pada urine. Penderita batu ginjal juga sering merasakan gejala sakit yang teramat tak tertahankan di bagian punggung, pinggang, perut, hingga pada organ kelamin. Itulah kenapa  wanita penderita batu ginjal seringkali mengasosiasikan rasa sakit tersebut dengan rasa sakit kontraksi saat persalinan. Dalam bahasa medis, gejala spasm otot akibat batu ginjal ini disebut dengan kolik renal.

Renal colic biasanya timbul ketika batu ginjal tersebut sudah memblokir saluran kencing. Kondisi tersebut akan mengakibatkan urine  tertahan di ureter sehingga mengakibatkan terjadinya pembengkakan. Otot-otot pada ureter pun akan mengalami kontraksi yang sedemikian hebat, hingga seringkali mengakibatkan nausea hingga muntah-muntah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sepele tapi Mematikan; Ini Gejala Stroke Ringan

Jika tidak segera diberi pertolongan, sumbatan batu ginjal di ureter pun bisa mengakibatkan infeksi saluran kencing lho. Urine adalah limbah sisa pencernaan yang mengandung banyak zat racun, dan pastinya bakteri. Nah bayangkan saja jika bakteri sebanyak tersebut berkumpul di satu tempat dalam jangka waktu yang lama. Besar kemungkinan bakteri tersebut akan menginfeksi saluran kencing.

Anda juga akan mengalami demam tinggi hingga membuat tubuh Anda menggigil kedinginan. Rasa sakit saat kencing masih tetap terasa, dan kali ini urine yang keluar memiliki warna keruh dan berbau busuk. Belum lagi ditambah dengan gejala diare yang semakin meningkatkan tingkat resiko Anda terkena dehidrasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenali Cara Mencegah Diabetes Saat Hamil

Solusi terbaik untuk mengatasi batu ginjal pada wanita? Perbanyaklah konsumsi air mineral untuk membantu melarutkan batu ginjal yang terbentuk. Tapi, jika batu ginjal yang terbentuk sudah terlalu besar segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dokter umumnya akan memberikan beberapa jenis obat atau jika kondisi Anda masuk ke dalam tahap darurat, maka dokter akan menyarankan operasi pengangkatan batu ginjal. Dan karena batu ginjal adalah jenis penyakit yang mudah kumat, awasi juga pola makan dan gaya hidup  Anda ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE