Makanan Ini Jika Sebabkan Perut Kembung! | Breaktime
Awas, Hindari Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung!
03.02.2016

Perut kembung menyebabkan rasa tidak nyaman di area perut karena penuh dan mengencang. Selain itu, perut kembung terlihat membesar sehingga tidak mengenakkan untuk dilihat. Ada berbagai macam penyebab perut B’timers menjadi kembung, seperti makan terlalu cepat, minum dengan sedotan, konsumsi obat, hingga makanan yang masuk dalam tubuh Anda juga bisa jadi penyebabnya. Berikut adalah makanan dan minuman penyebab perut kembung:

  • Sayuran bergas

Makanan Ini Jika Sebabkan Perut Kembung! | Breaktime
Hijau menyehatkan namun harus tetap dalam takaran, ya!

Sayuran memang menyehatkan, namun beberapa bisa menimbulkan rasa tak nyaman dalam perut jika dikonsumsi berlebihan. Sayuran bergas seperti kubis, brokoli, dan kecambah menambah kadar gas dalam perut dan menyebabkan perut kembung. Pastikan masak sayuran tersebut hingga benar-benar matang karena sayuran mentah cenderung mengeluarkan banyak gas disbanding yang sudah matang.

  • Permen karet

Makanan Ini Jika Sebabkan Perut Kembung! | Breaktime
Awas masuknya angin dalam perut lewat mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet membantu penurunan berat badan karena memanipulasi otak bahwa Anda sedang mengonsumsi sesuatu. Sayangnya mengunyah permen karet membuat Anda menelan banyak udara sehingga masuk ke dalam perut dan menyebabkan kembung. B’timers cukup membatasi diri hingga 1-2 buah permen karet seharinya agar terhindar dari perut kembung.

  • Minuman bersoda

Makanan Ini Jika Sebabkan Perut Kembung! | Breaktime
Selain bersoda, kandungan gulanya juga tinggi, lho!

Karena minuman mengandung soda yang membentuk udara dalam perut, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari minuman bersoda. Bahkan biasanya minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi yang bisa meningkatkan kadar insulin dan menambah risiko diabetes. Ganti minuman Anda dengan jus tanpa gula atau bisa dengan air mineral. Pastikan asupan air Anda terjaga setiap harinya dengan air yang cukup.

  • Lemak trans

Makanan Ini Jika Sebabkan Perut Kembung! | Breaktime
Fast food tinggi akan lemak trans, jadi berhati-hatilah!

Makanan yang digoreng, keripik kentang, popcorn, hingga kopi instan ternyata mengandung lemak trans yang bisa memperbesar perut Anda, lho. Konsumsi lemat trans secara tak terkendali tanpa dibarengi dengan olahraga menyebabkan lemak dalam perut akan bertambah sehingga memicu banyaknya udara yang masuk dalam perut. Minimalisir asupan lemak trans Anda dan menggantinya dengan buah dan sayuran sehat.

  • Tepung terigu

Makanan Ini Jika Sebabkan Perut Kembung! | Breaktime
Bahan utama pembuatan roti ini ternyata bikin kembung

Olahan tepung mengandung karbohidrat mampu meningkatkan insulin dan kadar gula darah dengan cepat. Dimakan sesekali saat B’timers membutuhkan asupan energi tentu sangat baik, namun jika dimakan secara berlebihan tentu tidak menyehatkan bagi tubuh. Ganti tepung dengan gandum atau oat karena selain memberikan energi, serat yang ada membantu pencernaan Anda sehingga B’timers tahan lapar lebih lama.

Sebenarnya makanan dan minuman tersebut sangat bernutrisi untuk. Asalkan B’timers mengetahui takaran yang pas setiap jenis makanan, serta rutin berolahraga maka perut kembung sudah bukan lagi jadi masalah untuk Anda. (ft)

Share This Article