Hal Kecil dan Tak Terduga Bisa Sebabkan Kanker! | Breaktime
Awas, Hal-Hal Kecil dan Tak Terduga pun Bisa Sebabkan Kanker!
30.10.2015

Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular dengan angka kematian yang cukup tinggi. Penanganan yang terlambat dan tidak tepat adalah salah satu penyebab penyakit kanker banyak mengakibatkan kematian. Terlebih lagi, banyak yang belum paham benar tentang penyebab kanker. padahal, hal-hal kecil pun bisa memicu kanker.

Hal Kecil dan Tak Terduga Bisa Sebabkan Kanker! | Breaktime
Rokok dan alkohol merupakan penyebab kanker

Rokok

Dalam sebatang rokok terdapat sangat banyak racun penyebab kanker, termasuk tar. Parahnya, tak hanya perokok saja yang memiliki risiko terkena kanker, orang yang sering terpapar asap rokok juga memiliki risiko kanker sama besarnya. untuk itu, sebisa mungkin hindari rokok dan asapnya.

Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko berbagai macam kanker seperti kanker payudara, kanker laring, kanker hati, kanker kolorektal, bahkan kanker pankreas. Untuk itu, berhenti mengonsumsi minuman beralkohol adalah langkah tepat untuk mencegah kanker.

Olahan daging

Daging yang diproses dengan cara-cara tertentu seperti sosis, ham, dan bacon dapat menyebabkan terjadinya kanker usus. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembuatan dan bahan-bahan kimia yang dicampurkan kedalam daging olahan.

Sunbeds

Untuk mendapatkan kulit berwarna sawo matang yang eksotis, tak sedikit perempuan yang memanfaatkan sunbeds atau sunlamps. Tempat tidur yang memancarkan radiasi ultraviolet ini memang cukup cepat untuk menghasilkan kulit sawo matang, tapi radiasi UV yang dipancarkan dapat menyebabkan kanker kulit, katarak, dan penuaan dini pada kulit.

Hal Kecil dan Tak Terduga Bisa Sebabkan Kanker! | Breaktime
Melukis dapat menyebabkan kanker

Melukis

Seorang pelukis juga memiliki risiko kanker yang cukup buruk. Umumnya, seorang pelukis akan menderita kanker kandung kemih dan leukemia akibat paparan benzena yang terkandung di dalam cat. Kanker paru-paru juga dapat terjadi jika terdapat partikel kromat dan asbes dalam cat.

Produksi alumunium

Pekerja pabrik alumunium memiliki risiko peningkatan kanker paru-paru dan kandung kemih. Hal ini bisa disebabkan oleh asap bahan kimia yang terhirup dan paparan batubara-tar volatil yang terjadi saat proses pengerjaan.

Pembuatan sepatu

Debu dari kulit sebagai bahan sepatu, benzena dan pelarut lainnya memiliki sifat karsinogen yang dapat meningkatkan terjadinya risiko kanker hidung dan leukemia. Namun, risiko kanker di bidang ini tergantung pada durasi dan tingkat paparan yang terjadi.

Untuk itu, sebaiknya perhatikan dengan teliti zat-zat apa saja yang kemungkinan terpapar pada tubuh Anda. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Share This Article