Awas, Cara Gosok Gigi yang Salah Picu Berbagai Penyakit! | Breaktime
Awas, Cara Gosok Gigi yang Salah Picu Berbagai Penyakit!
30.09.2015

Menggosok gigi merupakan hal wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tapi jika cara gosok gigi yang Anda terapkan salah, bukannya sehat, Anda malah akan merusak gigi dan melukai gusi. Untuk itu, perhatikan dan praktekkan teknik menggosok gigi yang benar.

Pilih sikat dan pasta gigi

Jangan asal beli sikat gigi! Pilih yang sesuai dengan ukuran mulut Anda. Sesuaikan juga dengan kenyamanan Anda saat menggenggamnya. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman ketika sedang menyikat gigi. Selain ukuran, perhatikan juga bulu-bulu sikatnya. Usahakan untuk membeli sikat gigi dengan bulu sikat yang halus.

Untuk pasta gigi, pilih sesuai kebutuhan Anda, apakah untuk mencerahkan, menjaga gusi densitif, maupun untuk gigi berlubang. Namun, jangan terlalu sering menggunakan pasta gigi dengan kadar whitening tinggi agar gigi tetap sehat.

Pilih sikat dan pasta gigi berkualitas
Pilih sikat dan pasta gigi berkualitas

Atur waktu

Anda mungkin hanya menyikat gigi dipagi hari saat akan berangkat kerja agar mulut tak bau. Tapi, untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, Anda perlu menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Tapi, yang paling baik adalah 3 kali sehari. Namun, jangan menyikat gigi lebih dari 3 kali sehari karena dapat merusak enamel gigi dan berbahaya bagi gusi.

Selain itu, sikatlah gigi Anda minimal 2 menit. Jika kesulitan, gunakan sikat gigi listrik yang dapat diatur timer-nya, jadi Anda tak perlu repot melihat stop watch ketika sedang menyikat gigi.

Teknik menyikat gigi

Menyikat gigi tak bisa sembarangan, Anda harus memposisikan sikat pada sudut 45 derajat agar tak melukai gusi. Selain itu, buat gerakan naik turun dengan gesekan pendek. Bukan menggeser sikat ke kri dan kanan dengan gesekan panjang. Dengan cara kedua, sisa-sisa makanan akan tetap menempel di gigi.

Untuk menyikat gigi, mulailah dengan bagian luar gigi depan, kemudian bagian dalamnya. Selanjutnya sikat bagian luar dan dalam gerahan Anda, serta jangan lupa bagian lidah Anda. Selain untuk membasmi kuman, menyikat lidah akan membuat mulut lebih segar.

Selain itu, coba mulai dari tempat yang berbeda, jika biasanya Anda menyikat dari sisi kanan ke kiri, sekarang coba dari gigi bagian depan atau gigi di sebelah kanan.

Ganti sikat gigi tiap 3 bulan sekali
Ganti sikat gigi tiap 3 bulan sekali

Jaga kebersihan.

Setelah digunakan, bilaslah sikat gigi hingga bersih. Jika tidak, kuman dari mulut Anda akan tinggal di bulu-bulu sikat dan malah dapat merusak gigi.

Selain itu, letakkan sikat gigi ditempat bersih dan kering. Bulu sikat yang lembab, merupakan tempat favorit bernaungnya kuman penyakit. Usahakan tidak menyentuhkan bulu sikat kepermukaan benda, termasuk bulu sikat lainnya, agar kuman tidak menyebar.

Ganti sikat gigi

Jika telah berumur 3 bulan, segera ganti sikat gigi Anda dengan yang baru. Sikat gigi yang lama dipakai akan kehilangan fleksibitas dan mulai mencuat kemana-mana. Ini menyebabkan tak semua bagian mulut dapat dibersihkan sehingga ada kotoran yang tersisa.

Share This Article