Waspada Benjolan di Leher Bisa Jadi Tanda - Tanda Kanker | Breaktime
Awas, Benjolan di Leher Bisa Jadi Kanker!
07.08.2015

Pernahkah B’timers menemukan benjolan di sekitar leher? Pada beberapa kasus, ada benjolan yang terasa nyeri saat disentuh dan ada pula yang tidak. Kendati demikian, Anda tetap harus waspada karena hal tersebut bisa saja merupakan  tanda kelainan kelenjar tiroid.

Kelainan ini bisa disebabkan sejumlah faktor seperti kekurangan yodium, infeksi, atau adanya penyakit autoimun. Selain itu, dr. Imam Subekti, Sp.PD dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI / RSCM juga mengungkap bahwa tingginya kolesterol bisa menyebabkan benjolan pada leher.

Jangan anggap remeh benjolan pada leher
Jangan anggap remeh benjolan pada leher

Selain kelainan tiroid, benjolan pada leher juga dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang terkena kanker getah bening. Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis onkologi, Aru Wicaksono Sudoyo. Menurutnya, benjolan di daerah leher merupakan salah satu tanda kanker getah bening yang paling mudah dikenali.

Menurut Prof. Karmel L. Tambunan, seorang ahli hermatologi-onkologi, penyebab kanker getah bening ini bisa diawali dari faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri, serta toksin lingkungan seperti terlalu banyaknya bahan pengawet, herbisida, dan pewarna kimia.

Meski begitu, kanker getah bening merupakan jenis penyakit yang dapat disembuhkan. Hanya saja,  kesembuhan tersebut juga bergantung pada stadium. Menurut Aru, dengan lanjutnya stadium penyakit, maka presentasi ksesembuhannya juga akan menurun.

Oleh karena itu, kapanpun B’timers merasakan adanya benjolan di sekitar leher, baik yang diikuti rasa nyeri ataupun tidak, jangan ragu untuk pergi ke dokter. Pihak medis akan segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengatasi masalah kesehatan Anda secepatnya.

Share This Article