Awas, Barang-barang Ini Lebih Kotor Daripada Dudukan Toilet! | Breaktime
Awas, Barang-barang Ini Lebih Kotor Daripada Dudukan Toilet!
29.09.2015

B’timers tentu akan mengira bahwa toilet dan dudukannya merupakan tempat terkotor dan sangat menjijikkan. Ternyata, tanpa Anda sadari ada banyak lagi benda-benda yang bahkan lebih kotor dan menjijikkan. Apa saja benda-benda yang lebih menjijikkan daripada dudukan toilet? Berikut ini daftarnya:

Handphone

Handphone yang terlihat bersih ini mengandung jutaan kuman
Handphone yang terlihat bersih ini mengandung jutaan kuman

Masih ingat di mana terakhir kalinya Anda meletakkan dan membawa handphone? Di toilet, dapur, atau juga di tempat lainnya? Tanpa disadari, handphone yang selalu dibawa ke manapun mengandung berbagai kuman jahat 500 kali lebih banyak dibandingkan yang ada di dalam toilet. Dr. Charles Gerba, seorang profesor dari Universitas Arizona,  menyarankan untuk membersihkan handphone terlebih dahulu dengan electronic-safe disinfectant sebelum menempelkannya ke pipi Anda saat menjawab panggilan telepon.

Sikat gigi

Letakkan sikat gigi jauh dari toilet atau kamar mandi
Letakkan sikat gigi jauh dari toilet atau kamar mandi

Berapa lama Anda sudah tidak mengganti sikat gigi? Dan diletakkan di mana sikat gigi yang Anda miliki? Jika di dalam kamar mandi yang letaknya sangat dekat dengan toilet, pastikan untuk sering mengganti sikat gigi. Menurut Dr. Philip Tierno Jr, penulis buku The Secret Life of Germs, ketika Anda membersihkan kamar mandi, kuman yang terdapat di dalamnya bisa berpindah sampai jarak 6 meter. Pastikan mencuci sikat gigi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Uang

Uang cash yang Anda gunakan ternyata memiliki lebih dari 2 juta kuman hidup
Uang cash yang Anda gunakan ternyata memiliki lebih dari 2 juta kuman hidup

Uang memang terlihat bersih ya, B’timers. Tapi tahukah Anda, uang digunakan untuk bertransaksi dengan ribuan tangan yang berbeda dan akan membawa lebih dari 200.000 bakteri hidup. Maka dari itu, cucilah tangan Anda sampai bersih sebelum memasukkan sesuatu ke mulut.

Keyboard komputer atau laptop

Bersihkan keyboard laptop atau komputer secara rutin agar terhindar dari penyakit
Bersihkan keyboard laptop atau komputer secara rutin agar terhindar dari penyakit

Seberapa sering Anda makan sambil mengetik? Keyboard laptop yang Anda sentuh sehari-hari mengandung berbagai kuman berbahaya akibat sentuhan tangan dan juga makanan. Maka dari itu, Dr. Lola Stamm, seorang epidemiologist dari University of North Carolina at Chapel Hill, menyarankan untuk membersihkan keyboard laptop secara rutin.

Mesin ATM

Setiap tombol mesin ATM mengandung 1200 kuman
Setiap tombol mesin ATM mengandung 1200 kuman

Setiap tombol ATM yang Anda pencet memiliki rata-rata kuman sebanyak 1.200, dan ini termasuk juga bakteri demam, flu, serta E. Coli. Bayangkan saja jika pin ATM Anda memiliki 6 digit nomor, tinggal mengalikan saja jumlah bakteri yang akan terpapar langsung dengan kulit. Maka dari itu, cucilah tangan menggunakan sabun setelah bersentuhan langsung dengan tombol ATM, tombol elevator, ataupun juga gagang pintu untuk membunuh berbagai kuman yang menempel.

Selalu cuci tangan B’timers setiap akan menyantap makanan untuk menghindari kuman yang berbahaya. Hati-hati dan selalu waspada, ya!

Share This Article