Awas, Bahaya Mengintai Di Balik Jabat Tangan! | Breaktime
Awas, Bahaya Mengintai Di Balik Jabat Tangan!
23.09.2015

Bagi masyarakat Indonesia, berjabat tangan adalah salah satu bentuk keramah-tamahan pada orang lain. Tapi, dibalik niat yang baik tersebut, ternyata berjabat tangan dapat mengundang banyak bahaya bagi tubuh. Bahkan, kepala medis Asosiasi Olimpiade Inggris, Dr Ian McCurdie, menyarankan untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Lantas apa saja bahaya berjabat tangan?

Menularkan flu dan batuk

Ketika bersin, seseorang biasanya akan menutup hidung dan mulutnya dengan tangan. Aktivitas ini akan membuat virus flu menempel di tangan. Nah, ketika Anda berjabat tangan dengan penderita flu, otomatis virus flu tersebut hinggap di tangan Anda. Anda pasti tidak sadar dengan hal tersebut, akibatnya virus flu akan masuk ke tubuh ketika Anda secara tak sadar menyentuh mulut atau hidung.

Selain flu, batuk biasanya juga ditularkan dengan cara sederhana ini. Untuk itu, jika memungkinkan sebaiknya hindari berjabat tangan dengan mereka yang terinfeksi.

Penyebaran virus dan bakteri
Penyebaran virus dan bakteri

Menularkan cacar

Virus cacar merupakan salah satu virus yang kuat dan sangat mudah menular. Untuk itu, jika Anda sedang menderita penyakit cacar, hindari bersentuhan dengan orang lain termasuk berjabat tangan. Tujuannya adalah agar Anda tak menularkan virus cacar ke orang lain.

Gangguan pencernaan

Tak hanya virus, berjabat tangan juga bisa menyebarkan bakteri seperti norovirus dan salmonella. Terlebih lagi, jika jarang mencuci tangan, bakteri ini akan mudah hinggap di tangan Anda. Tanpa Anda sadari, berjabat tangan dapat menyebabkan diare dan muntah karena pengaruh bakteri tersebut.

Baca Juga : HOBI BERJEMUR, WASPADAI SERANGAN KANKER KULIT!

Infeksi usus

Jika diare dan muntah dapat dengan mudah diatasi, bagaimana dengan infeksi usus? Kenyataannya, berjabat tangan menjadi salah satu cara efektif untuk menularkan dan menyebarkan bakteri penyebab infeksi usus.

Biasakan mencuci tangan dengan sabun
Biasakan mencuci tangan dengan sabun

Cukup mengerikan bukan bahaya yang mengintai akibat berjabat tangan? Tapi, B’timers tak perlu khawatir, jika terbiasa mencuci tangan dengan cara yang benar, penularan virus dan bakteri dapat dikurangi. Jadi, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun setelah dari toilet, membuang sampah, menyiapkan makan, dan bersin atau batuk.

Share This Article