Awas Bahaya, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi | Breaktime
Awas Bahaya, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi
07.06.2017

B’timers sudah familiar, dong, dengan yang namanya kolesterol. Yap, kolesterol adalah sejenis zat yang teksturnya lunak dan terbilang mirip menyerupai lemak. Kolesterol sendiri diproduksi oleh organ hati. Sebenarnya, kolesterol itu penting untuk pembentukan selaput sel, vitamin D dan sejumlah hormon. Salah satu ciri-ciri kolesterol adalah tak bisa larut di dalam air, sehingga kolesterol ini tidak dapat mengalir dengan sendirinya ke seluruh tubuh.

Nah, buat mengantarkan kolesterol ada sendiri partikelnya, yaitu lipoprotein. Partikel ini membantu mengangkut kolesterol melalui aliran darah. Lipoprotein sendiri terbagi menjadi dua bentuk, yakni low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). So, ini asal muasalnya kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Obati Kolesterol Tinggi, Tanpa Obat-obatan!

Yap, LDL juga dikenal sebagai “kolesterol jahat” yang terbentuk di dalam arteri dan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke. Kemudian satunya, HDL atau dikenal sebagai “kolesterol baik”, nah, yang ini bisa membantu mengembalikan kolesterol jahat LDL tadi ke jalan yang benar, yaitu mengembalikannya ke hati untuk proses eliminasi.

Awas Bahaya, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi | Breaktime
Atasi ciri-ciri kolesterol dengan menjaga makanan tetap sehat

You should be careful, terutama tentang pola makan sehari-hari. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak dalam jumlah tinggi, bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Nah, inilah yang dikenal sebagai kolesterol tinggi, atau juga disebut dengan hiperkolesterolemia atau hyperlipidemia. Pernah mendengarnya, perhaps?

Kalau kadar kolesterol LDL terlalu tinggi, atau kadar kolesterol HDL terlalu rendah, maka terbentuklah endapan lemak di pembuluh darah Anda. Endapan inilah yang bisa menyumbat dan membuat darah sulit mengalir melalui arteri Anda. Ini asal muasalnya masalah kesehatan di seluruh tubuh yang berawal dari kolesterol tinggi, terutama bisa sampai mengganggu organ hati dan otak, bahkan kalau tak ditangani, dapat berakibat fatal juga. Lalu, seperti apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mengurangi Kolesterol Kilat, Begini Nih!

Biasanya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun. Seringkali, yang terjadi adalah kejadian yang fatal karena akibat dari kolesterol tinggi, seperti serangan jantung atau stroke. Namun, biasanya ini tidak sampai terjadi jika tidak terbentuk plak pada pembuluh darah Anda. Plak dapat mempersempit pembuluh darah. Ini menyebabkan darah sulit mengalir melewatinya.

Yap, pembentukan plak ini dapat mengubah susunan lapisan pembuluh darah, sehingga menyebabkan komplikasi yang serius. Kalau ingin mengetahui kolesterol Anda, apakah sudah terlalu tinggi, caranya adalah dengan melakukan tes darah. Yap, true. Biasanya, kolesterol yang tinggi ditandai dengan berada di kisaran angka di atas 240 miligram per desiliter (mg/dL).

Awas Bahaya, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi | Breaktime
Ciri-ciri kolesterol bisa dihindari dengan pola diet yang baik

Nah, Anda bisa mulai rutin melakukan check up ini untuk tes kolesterol sejak usia Anda 20 tahun. Lalu berikutnya, maksimal tiap 4-6 tahun lakukan tes kolesterol. Namun, bukan tak mungkin dokter akan menyarankan pemeriksaan kolesterol lebih sering, apabila Anda memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi. Ini karena kemungkinan Anda memiliki kolesterol tinggi juga meningkat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Efektif! Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami!

Secara umum, ciri yang paling sering terlihat jika seseorang memiliki kolesterol tinggi adalah memiliki berat badan yang berlebih, serta memiliki tekanan darah tinggi. Lalu, yang lebih berisiko adalah jika seseorang merupakan perokok, yap. Di samping itu, kondisi genetik juga bisa menyebabkan kolesterol seseorang tinggi, lho.

Ada sebuah kondisi yang disebut familial hypercholesterolemia. Biasanya orang dengan kondisi ini memiliki kadar kolesterol hingga 300 mg/dL atau lebih tinggi. Bisa juga mengalami xanthoma, yakni muncul bercak kuning di permukaan kulit, atau benjolan di bawah kulit. Seperti itulah ciri-ciri kolesterol tinggi, selalu hati-hati dan jaga kesehatan, ya, B’timers. (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE