Atasi Susah BAB dengan Obat Sembelit Alami | Breaktime
Atasi Susah BAB dengan Obat Sembelit Alami
22.11.2016

Sembelit adalah sakit pada bagian perut yang disebabkan karena kekurangan serat. Biasanya sembelit dialami oleh orang-orang yang melakukan diet. Namun, sembelit bisa disembuhkan dengan cepat dan alami. Breaktime telah merangkum beberapa obat sembelit alami dan cepat. Berikut ini tips mengobati sembelit dengan cepat dan alami.

1. Lakukan pertolongan pertama saat mengalami sembelit

Saat Anda mulai merasakan sembelit, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini sebagai pertolongan pertama.

  • Perbanyak minum air putih

Tinja yang kering dan keras menjadi penyebab sembelit yang Anda alami. Untuk itu, perbanyak minum air putih saat Anda mulai kesusahan buang air besar. Air putih mampu meningkatkan asupan serat dalam tubuh. Selama Anda mengalami sembelit, sebaiknya Anda menghindari minuman yang berkafein dan beralkohol. Minuman bersoda juga sebaiknya Anda kurangi.

Baca juga : SAKIT PERUT BAGIAN BAWAH? BISA JADI INI PENYEBABNYA

Saat Anda mengalami sembelit, kebutuhan yang paling utama adalah serat. Makanan yang mengandung serat mampu melancarkan sistem pencernaan Anda. Konsumsi banyak sayuran atau buah-buahan, seperti apel, anggur, selada, bayam, brokoli, dan masih banyak lagi.

  • Makan buah prune

Buah yang satu ini mengandung banyak serat dan sorbitol. Buah purne memang memiliki tekstur yang berkerut dan rasa yang unik, namun Anda bisa mengkreasikan buah ini menjadi jus. Ingat, B’timers jangan mengkonsumsi prune secara berlebihan.

  • Hindari produk olahan susu dan keju sementara waktu

Keju dan produk olahan susu mengandung laktosa yang dapat menimbulkan gas, perut kembung, dan konstipasi pada beberapa orang. Kurangi keju dan produk olahan susu untuk sementara waktu agar Anda merasa lebih baik, kecuali yogurt karena yogurt mengandung probiotik aktif.

Atasi Susah BAB dengan Obat Sembelit Alami | Breaktime
Cara cepat dan alami atasi sembelit

2. Ubah gaya hidup Anda dalam jangka panjang

  • Jika Anda sedang melakukan diet, maka masukkan yogurt dalam diet Anda sehari-hari, karena yogurt mengandung probiotik yang menyehatkan sistem pencernaan Anda.
  • Kurangi untuk mengkonsumsi fast food yang dapat menyebabkan konstipasi kronis. Makanan jenis ini mengandung lemak tinggi, rendah serat, dan tidak mengandung banyak nutrisi.
  • Lakukan olahraga yang rutin dan teratur untuk gaya hidup yang lebih sehat. Kurang olahraga dapat membuat fungsi usus Anda melemah dan menyebabkan susah buang air besar.
  • Jangan ketergantungan pada obat-obatan. Khususnya obat-obatan untuk menambah energi. Obat-obatan yang mengandung bahan kimia bisa menyebabkan konstipasi kronis.

Baca juga : MAKAN BUAH DI PAGI HARI BIKIN SAKIT PERUT, JANGAN PERCAYA!

3. Melakukan hal-hal lain diluar kebiasaan Anda selama ini

  • Coba untuk menggunakan posisi buang air besar yang berbeda dari biasanya. Jika Anda orang yang menggunakan toilet duduk, maka cobalah untuk memposisikan diri Anda jongkok saat buang air besar. Seringkali dengan berjongkok akan memudahkan Anda buang air besar, karena posisi jongkok akan memberi tekanan pada usus dan memudahkan kotoran keluar.
  • Melakukan yoga. Ada beberapa pose yoga yang bisa menstimulasi usus dan membentuk posisi tubuh yang nyaman saat BAB. Beberapa posisi tersebut adalah baddha konasana, pavanamuktasana, dan uttanasana. Anda bisa melihat posisi-posisi ini dari internet atau YouTube.
  • Konsultasi dengan dokter adalah hal yang tercepat untuk menyembuhkan sembelit Anda. Namun, ini dilakukan biasanya bagi penderita konstipasi kronis, karena membutuhkan perawatan yang lebih efektif.

Jadi itulah B’timers tips cepat dan alami dalam mengatasi sembelit. Pada intinya kita harus menerapkan pola hidup sehat demi kesehatan sistem pencernaa. Menghindari makanan-makanan yang bersifat fast food dan memperbanyak konsumsi serat. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE