Atasi Mulut Kering dengan Mengenali Penyebabnya | Breaktime
Atasi Mulut Kering dengan Mengenali Penyebabnya
29.09.2017

Mulut kering merupakan salah satu gejala fisik yang pasti pernah dialami semua orang sebagai gejala umum dari dehidrasi. Mulut kering normalnya disebabkan oleh produksi air liur yang di bawah normal akibat tubuh kekurangan asupan cairan. Tentu saja hal paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi mulut kering ialah dengan banyak meminum air. Mulut kering juga bisa disebabkan oleh cuaca dingin yang menghilangkan kelembaban alami pada area mulut yang dapat diatasi dengan mengoleskan pelembab bibir. Meski sering dijumpai pada setiap orang, gejala mulut kering ternyata bisa berakibat fatal apabila dibiarkan begitu saja tanpa penanganan lebih lanjut.

Mulut kering atau yang disebut juga dengan xerostomia juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat jenis tertentu. Para penderita penyakit tertentu biasanya akan diperingatkan akan efek samping yang mungkin disebabkan oleh obat yang diresepkan dokter. Beberapa jenis obat yang paling sering menyebabkan efek mulut kering ialah obat anti-histamin (anti-alergi), obat yang diresepkan untuk terapi penyakit ADD (attention deficit disorder), obat diabetes, anti-depresan, serta relaksan otot dan penghilang rasa sakit. Obat dekongestan atau yang secara khusus diresepkan untuk mengobati hidung tersumbat akibat flu, sinusitis atau alergi juga memiliki efek samping berupa mulut kering.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Vitamin untuk Mata ini Baik untuk Kesehatan Mata

Kebiasaan sepele berupa mendengkur dan merokok rupanya juga bisa menyebabkan gejala mulut kering. Merokok tembakau dapat berdampak pada penurunan produksi air liur sehingga mulut menjadi mudah kering. Selain menguatkan tekad untuk menghentikan kebiasaan merokok, B’timers juga bisa mengikuti berbagai sesi terapi dan konseling untuk memudahkan Anda berhenti merokok secara bertahap. Selain merokok, mendengkur juga dapat mneyebabkan gejala mulut kering akibat proses bernapas yang dilakukan lewat mulut sepanjang malam. Mendengkur atau yang disebut juga dengan kondisi klinis sleep apnea dapat ditangani dengan konsultasi ke dokter dan mengikuti sesi terapi fisik tertentu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Efek Buruk Rambut Sering Terkena Panas Hairdryer
Atasi Mulut Kering dengan Mengenali Penyebabnya | Breaktime
Mengenakan pelembab bibir dapat mengatasi mulut kering akibat udara dingin

Selain dari berbagai penyebab mulut kering yang cukup ringan seperti yang telah disebutkan di atas, gejala mulut kering juga dapat berupa masalah medis kronis. Keluhan mulut kering yang cukup menganggu dan tidak mudah disembuhkan dengan minum air ialah penyakit autoimun berupa sindrom Sjogren. Penyakit tersebut menyerang kelenjar yang memproduksi air mata dan air liur sehingga tidak bisa menghasilkan cairan secara optimal sehingga dapat menyebabkan mata dan mulut kering. Sindrom Sjogren juga menyerang kelenjar kelembaban tubuh, serta menimbulkan gula darah tinggi atau diabetes. Tak hanya itu, sindrom Sjogren biasanya juga timbul beserta gangguan autoimun lainnya seperti lupus dan rheumatoid arthritis. B’timers perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk memastikan keberadaan sindrom Sjogren yang menyerang Anda serta menentukan penanganan selanjutnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sembuhkan Depresi dan Anxiety Dengan Art Therapy

Tanpa diberikan penanganan khusus, gejala mulut kering dapat mengakibatkan timbulnya luka, infeksi jamur pada mulut, penyakit gusi, hingga kerusakan gigi. Beberapa jenis penanganan gejala mulut kering kronis yang umum disarankan dokter ialah menggunakan pasta gigi, obat kumur, atau gel khusus yang untuk mengurangi gejala mulut kering, selain juga obat resep oral yang berfungsi untuk merangsang produksi air liur. Semoga B’timers senantiasa sehat dan tak lagi mengalami gejala mulut kering ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE