Asam Lambung Berlebih? Begini Cara Mengatasinya! | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Asam Lambung Berlebih? Begini Cara Mengatasinya!
17.05.2016
Selamat siang, Dok. Saya mau tanya, bagaimana cara mengatasi maag atau asam lambung yang berlebihan? Terima Kasih

Sutrisno, Tulungangung

Hai, Sutrisno. Terima Kasih untuk pertanyaannya.

Dyspepsia syndrome atau sakit maag disebabkan cairan asam lambung berkontak dengan lambung tempat mencerna makanan. Akibatnya terjadi pembengkakan daerah lambung tempat mencerna makanan. Gejalanya sering kali bermacam-macam yaitu mual, muntah, nyeri kepala, nyeri ulu hati, penurunan nafsu makan dan perut terasa penuh. Maag atau asam lambung juga dapat dipicu oleh keadaan stres, infeksi bakteri atau obat-obatan anti nyeri dan alergi makanan tertentu.

Asam Lambung Berlebih? Begini Cara Mengatasinya! | Breaktime
Hindari makanan penyebab asam lambung seperti makanan pedas

Nah, Asam lambung yang berlebih dapat dicegah dengan cara-cara berikut ini.

  1. Usahakan makan tepat waktu, dengan porsi makan sedikit-sedikit tapi sering. Makan dalam porsi secukupnya jangan terlalu kenyang berlebihan.
  2. Setelah konsumsi makanan jangan langsung berbaring. Tunggu hingga selang waktu mencapai 2-3 jam.
  3. Hindari konsumsi makanan dan minuman tertentu yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Contohnya cokelat, mint, kopi, makanan bersantan/makanan tinggi lemak, makanan pedas, makanan yang asam (lemon, tomat, jeruk, mangga muda) dan minuman bersoda.
  4. Berhentilah minum alkohol dan merokok. Perlu diketahui, alkohol dan rokok dapat meningkatkan asam lambung dan memperburuk kondisi lambung.
  5. Hindari atau kurangi stres dan depresi.
  6. Konsumsi jamu-jamuan atau penghilang nyeri, serta antibiotik boleh digunakan namun seperlunya saja. Obat-obatan atau jamu ini dapat memicu perlukaan pada lambung sehingga dapat menyebabkan terjadinya asam lambung. Intinya, jangan dikonsumsi jika tidak diperlukan.
  7. Istirahat yang cukup.
  8. Minum air putih yang cukup.

Semoga jawaban yang saya berikan cukup membantu dan semoga cepat sembuh. (dr. Yosefin)

Share This Article