Apakah Obesitas Orang Tua Bisa Menurun ke Anak? | Breaktime
Apakah Obesitas Orang Tua Bisa Menurun ke Anak?
19.02.2016

Obesitas merupakan kegemukan atau kelebihan berat badan yang bisa membahayakan tubuh. Tidak sedikit orang yang mengalami kematian karena obesitas yang dideritanya. Obesitas bahkan menjadi penyebab paling banyak memakan korban jiwa di Amerika. Meski sebagian besar menjangkit orang dewasa, namun apakah obesitas bisa menurun ke anak?

Faktor penyebab obesitas pada anak

Sebelum berbicara apakah obesitas bisa menurun ke anak, alangkah lebih baik jika kita membahas faktor penyebab obesitas pada anak terlebih dahulu. Beberapa faktor yang memungkinkan anak terkena penyakit kelebihan berat badan adalah konsumsi makanan tidak sehat dan berkalori tinggi, kurangnya aktivitas fisik atau olahraga, faktor psikologis (seperti mengatasi masalah dengan banyak makan), faktor lingkungan, kondisi kesehatan dan kurangnya waktu tidur.

Apakah Obesitas Orang Tua Bisa Menurun ke Anak? | Breaktime
Faktor ekonomi juga mendorong obesitas

Selain itu, anak dari latar belakang ekonomi kurang mampu juga lebih mungkin mengalami kegemukan. Orang tua anak mungkin tidak memiliki waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk membeli dan menyiapkan makanan, bergabung di kegiatan gym atau mendorong melakukan aktivitas fisik. Akibatnya, mereka memilih makanan instan yang lebih murah di kalangan masyarakat.

Obesitas pada anak juga karena genetik?

Benar. Obesitas yang diderita orang tua memang bisa menurun pada anak. Genetika juga merupakan salah satu faktor penyakit kegemukan yang menjangkit anak-anak bahkan di usia dini. Seorang anak yang terlahir dari keluarga obesitas memiliki kecenderungan mengalami kelebihan berat badan juga.

Apakah Obesitas Orang Tua Bisa Menurun ke Anak? | Breaktime
Kebiasaan orang tua memberikan makanan tidak sehat dan jarang bergerak

Hal tersebut akan semakin parah jika orang tua memiliki kebiasaan memberikan asupan makanan berkalori tinggi pada sang anak. Apalagi, jika aktivitas fisik jarang dan sama sekali tidak dilakukan. Jadi, lingkungan sekitar juga mempengaruhi perkembangan obesitas pada anak. Jika anak sudah didoktrin dengan kebiasan makan besar dan kurang olahraga, tak pelak bahaya kegemukan akan menghampiri dan bisa saja mengancam nyawa.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menyelamatkan anak dari bahaya obesitas lho, B’timers. Kegemukan bisa dihindari dengan mengatur pola hidup dan pola makan sehat seperti tidak mengonsumsi junk food, fast food, soda, minuman dan makanan mengandung kalori tinggi lainnya. Namun jika Anda dan keluarga sudah terkena obesitas, hal itu bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi makanan tidak sehat tersebut dan jangan lupa rajin olahraga.

Nah, B’timers, semoga pertanyaan Anda tentang apakah obesitas bisa menurun ke anak dan faktor apa saja penyebab obesitas pada anak terjawab, ya! (nap)

Share This Article