Apakah B’timers Kecanduan Media Sosial? Cek Gejalanya! | Breaktime
Apakah B’timers Kecanduan Media Sosial? Cek Gejalanya!
25.06.2015
“You are what you share.” ― C.W. Leadbeater,

Tak ubahnya teknologi, saat ini media sosial juga tak bisa dilepaskan dari peradaban manusia. Menyajikan informasi dan hiburan secara bersamaan, membuat banyak orang seolah tak bisa hidup tanpa media sosial.

Sayangnya, banyak yang kelewat batas dan justru kecanduan dengan media sosial sampai-sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Apakah B’timers juga demikian? Yuk, cek dulu gejalanya:

Selalu mengecek smartphone setelah bangun tidur

Aktivitas pertama setelah bangun tidur, cek smartphone
Aktivitas pertama setelah bangun tidur, cek smartphone

Salah satu tanda bahwa Anda sudah ketagihan media sosial adalah langsung mengecek smartphone begitu bangun tidur. Entah Anda sadari atau tidak, kebiasaan ini akan berulang setiap-harinya.

Sering log in ke media sosial

Tiada hari tanpa log in ke sosial media
Tiada hari tanpa log in ke sosial media

Seberapa sering Anda mengecek media sosial setiap harinya? Orang yang sudah terlanjur kecanduan media sosial, tak akan bisa melewati sehari tanpa membuka Facebook, Twitter, atau Instagram setiap harinya.

Banyak postingan

Posting dan eksis setiap saat
Posting dan eksis setiap saat

Mengganti foto profil dan status di media sosial hingga beberapa kali dalam sehari? Hal ini ternyata juga merupakan salah satu pertanda bahwa Anda sudah ketergantungan dengan media sosial. Hati-hati B’timers, kebiasaan seperti ini bisa mengganggu teman-teman Anda di media sosial dan berisiko membuat Anda dicap lebay.

Anda hanya bisa dijangkau lewat media sosial

Parahnya lagi, Anda hanya bisa dijangkau lewat media sosial
Parahnya lagi, Anda hanya bisa dijangkau lewat media sosial

Anda malas mengangkat telepon dan membalas sms tapi lebih suka aktif di dunia maya? Tak bisa disangkal lagi, Anda jelas sudah kecanduan media sosial. Hal ini tentu tak wajar, karena media sosial sebenarnya bukanlah sarana komunikasi utama layaknya telepon atau sms.

Memang tak ada salahnya jadi gaul dengan memiliki berbagai akun media sosial. Tapi, ingatlah bahwa B’timers juga punya kehidupan di dunia nyata yang jauh lebih menyenangkan dan bermanfaat!

Share This Article